STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA TUNAGRAHITA JENJANG SMA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI TAMANWINANGUN KEBUMEN

QILADATUN NURIL JANNAH, NIM.17116221 and Dr.H.Imam Satibi, M.Pd.I, NIDN.2123027201 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA TUNAGRAHITA JENJANG SMA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI TAMANWINANGUN KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (263kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar Pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK
Qiladatun Nuril Jannah. 17116221. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa Tunagrahita Jenjang SMA Di
Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tamanwinangun Kebumen.
Tunagrahita merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut anak atau orang
yang memiliki kemampuan intelektual dibawah rata-rata. Pendidikan Agama
Islam pada anak tunagrahita ini bertujuan untuk mengembangan potensi yang
dimiliki secara optimal, agar mereka dapat hidup mandiri dan dapat menyesuaikan
diri dengan lingkungan sekitar dimana mereka berada. Tujuan penelitian ini
adalah: (1) Mengetahui bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama
Islam selama pandemi Covid-19 pada siswa tunagrahita jenjang SMA di Sekolah
Luar Biasa (SLB) Negeri Tamanwinangun Kebumen; (2) Mengetahui apa saja
hambatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama pademi Covid-19 pada
siswa tunagrahita jenjang SMA di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri
Tamanwinangun Kebumen.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam kategori penelitian
deskripif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adapun strategi
pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan adalah mengatasi
kompetensi guru dengan penyelenggaraan workshop, strategi mengatasi
kekurangan sarana dan prasarana pembelajaran PAI khususnya siswa tunagrahita
dengan memberbanyak media pembelajaran online, strategi mengatasi hambatan
pada sumber belajar dengan mencari sumber belajar secara online, strategi
mengatasi hambatan pada diri siswa dengan cara guru PAI dengan memberi
perhatian secara personal pada masing-masing siswa maupun komunikasi guru
PAI dengan orang tua siswa.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Tunagrahita

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Tunagrahita
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2021 08:30
Last Modified: 19 Sep 2021 08:30
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item
View Item