Strategi Pembelajaran Pendidikan agama Islam Kurikulum 2013 Kelas IV di SD Negeri Depokrejo Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022.

Ana Lestari, NIM.18116435 (2022) Strategi Pembelajaran Pendidikan agama Islam Kurikulum 2013 Kelas IV di SD Negeri Depokrejo Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (732kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (196kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (352kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK
Ana Lestari 18116435. Strategi Pembelajaran Pendidikan agama Islam Kurikulum 2013 Kelas IV di SD Negeri Depokrejo Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian adalah : (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam kurikulum 2013 terhadap peserta didik kelas IV di SD Negeri Depokrejo Kebumen (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas IV di SD Negeri Depokrejo Kebumen.
Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini berupa deskriptif dengan Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Pendidik PAI, Wali kelas, dan peserta didik. Jawaban hasil wawancara tersebut kemudian dideskripsikan berdasarkan aspek dimensi masalah. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa: (1) Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan pendidik dalam proses pembelajaran yaitu: Strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran empirik (pengalaman), strategi pembelajaran mandiri, dan strategi pembelajaran interaktif. Penggunaan strategi pembelajaran disesuaikan dengan materi pembelajaran dan
karakter peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, tanya jawab, demostrasi, pemberian tugas, dan snowball throwbing. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran, faktor pendukung yaitu: (a) Keluarga (b) Pendidik(c) Teman. Faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu: (a) Motivasi peserta didik (b) Keluarga (c) Pendidik(d) Media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Nurhidayah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: trategi Pembelajaran, Pembelajaran PAI
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:32
Last Modified: 02 Mar 2023 03:32
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item
View Item