Upaya Guru meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi di Kelas V MI Ma’arif NU Tanjungsari.

Rahayu Lestari, NIM.1812846 (2022) Upaya Guru meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi di Kelas V MI Ma’arif NU Tanjungsari. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (826kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (255kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK
Rahayu Lestari. 1812846. Upaya Guru meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi di Kelas V MI Ma’arif NU Tanjungsari.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penggunaan metode bernyanyi sebagai upaya meningkatkan minat belajar Bahasa Arab siswa kelas V MI Ma’arif NU Tanjungsari; (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa kelas V MI Ma’arif NU Tanjungsari dalam pembelajaran Bahasa Arab melalui metode
bernyanyi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang dikenakan
dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Arab, kepala madrasah, siswa kelas V dan wali siswa kelas V. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi terkait penerapan metode bernyanyi
pada pembelajaran Bahasa Arab kelas V dan minat belajar siswa kelas V terhadap pembelajaran Bahasa Arab melalui metode bernyanyi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) Minat belajar siswa kelas V MI Ma’arif NU Tanjungsari dalam pembelajaran Bahasa Arab melalui metode bernyanyi yang ditinjau dari terpenuhinya 5 indikator minat belajar oleh sebagian besar siswa, hal ini menunjukan minat belajar siswa kelas V dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan diterapkannya metode bernyanyi tidak meningkat secara optimal. (2) Guru menerapkan metode bernyanyi dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas V pada pokok bahasan في المقصفuntuk menyampaikan materi kosa kata atau mufrodat. Metode bernyanyi dilakukan dengan mengajaran materi pada siswa dalam sebuah lagu yang diperoleh guru dari media Youtube, guru tidak membuat lagu
pembelajarannya sendiri. Metode bernyanyi yang dilakukan tidak didukung dengan media pembelajaran yang sesuai dengan materi melainkan hanya menggunakan papan tulis, kapur, penghapus. Hal ini menjadikan kurang optimalnya peningkatan
minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab melalui metode bernyanyi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Bahrun Ali Murtopo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Bernyanyi, Minat Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:53
Last Modified: 02 Mar 2023 02:53
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item
View Item