Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 1 Grujugan Kebumen.

WAHYU NUR KHAJIB, NIM.18116497 (2022) Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 1 Grujugan Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1) COVER.pdf] Text
1) COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2) BAB I.pdf] Text
2) BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB)
[thumbnail of 3) BAB II.pdf] Text
3) BAB II.pdf - Published Version

Download (291kB)
[thumbnail of 7) DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (397kB)

Abstract

ABSTRAK
WAHYU NUR KHAJIB. 18116497: Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 1 Grujugan Kebumen. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui upaya-upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 1 Grujugan Kebumen (2) Mengetahui kendala dan solusi yang dilakukan guru PAI dalam memotivasi belajar pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 1 Grujugan Kebumen.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dimana peneliti mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam berupa wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas dan guru PAI sebagai key informant (pemberi informasi kunci di sekolah) serta observasi terhadap fenomena yang terjadi dan mendokumentasikan data tersebut. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Upaya guru PAI dalam memotivasi belajar pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 1 Grujugan Kebumen sudah berjalan baik dimana ada beberapa upaya Guru PAI yang dilakukan seperti memberi nilai, menggunakan variasi metode belajar yang menarik, memberikan pujian, melihat situasi dan kondisi kelas, bersemangat dalam belajar dan memberikan hadiah dan hukuman. Ada beberapa kendala yang dihadapi antara lain adalah kurangnya minat terhadap pelajaran PAI, cita-cita peserta didik yang berbeda, kemampuan peserta didik yang berbeda, kondisi peserta didik yang berbeda dan latar belakang keluarga peserta didik yang berbeda. Adapun solusi dalam menyeselasikan hambatan hambatan tersebut adalah dengan memberikan petunjuk belajar kepada peserta didik, mengenali minat dan bakat peserta didik, menggunakan media pembelajaran, memberikan bimbingan khusus dan peran orangtua dalam memotivasi belajar anak di rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Faisal, S.Ag.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Motivasi Belajar, Sekolah Dasar Negeri 1 Grujugan Kebumen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:35
Last Modified: 02 Mar 2023 02:35
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item
View Item