Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Kedisiplinan Siswa di MI Sultan Agung 2 Kalipoh.

Ahmad Toefur Rahman, NIM.1712811 (2021) Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Kedisiplinan Siswa di MI Sultan Agung 2 Kalipoh. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (824kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (271kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Toefur Rahman. 1712811. Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Kedisiplinan Siswa di MI Sultan Agung 2 Kalipoh. Tujuan penelitian adalah : (1) Pembelajaran dalam jaringan (daring) di MI Sultan Agung 2 Kalipoh; (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran dalam jaringan (daring) terhadap kedisiplinan siswa di MI Sultan Agung 2 Kalipoh. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini memiliki desain penelitian eksperimental. Objek penelitian adalah MI Sultan Agung 2 Kalipoh. Sampel dari penelitian ini adalah 40 peserta didik kelas IV, V dan VI MI Sultan Agung 2 Kalipoh. Variabel Penelitian menggunakan variabel bebas dan terikat, variabel bebas adalah Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring), sedangkan variabel terikat adalah Kedisiplinan Siswa di MI Sultan Agung 2 Kalipoh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji normalitas, linearitas, uji heterokedostilitas dan uji regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Konsep Pembelajaran Dalam Jaringan (daring) yang dilaksanakan oleh Madrasah Ibtidaiyyah Sultan Agung 2 Kalipoh menerapkan konsep PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh yang dilaksanakan dengan metode Asynchronoustrraining yang populer dalam elearning karena peserta didik dapat mengakses materi pembelajaran dimanapun dan kapanpun; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Daring Terhadap Kedisiplinan Siswa di MI Sultan Agung 2 Kalipoh. Hal itu dibuktikan dengan nilai uji regresi linier sederhana yang mempunyai nilai 0,00 yang kuang darinilai 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Daring Terhadap Kedisiplinan Siswa di MI Sultan Agung 2 Kalipoh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : H. Agus Salim Chamidi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pembelajaran Daring, Kedisiplinan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:23
Last Modified: 02 Mar 2023 02:23
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item
View Item