JIMMI MUSTOFA, NIM.18116618 (2022) Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Al-Hidayah Bumirejo Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (891kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (285kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (352kB)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (194kB)
Abstract
ABSTRAK
JIMMI MUSTOFA. 18116618: Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Al-Hidayah Bumirejo Kebumen. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis nilai-nilai multikultural yang diterapkan dalam pendidikan di Pondok Pesantren Al-Hidayah Kebumen (2) menganalisis implementasi pendidikan multikultural yang berlangsung di Pondok Pesantren Al-Hidayah Kebumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dimana penulis mengumpulkan data dengan melakukan studi mendalam berupa wawancara dengan Pengasuh, Lurah Pondok dan Seksi Pendidikan sebagai key informant (pemberi informasi kunci di Pondok) serta observasi terhadap fenomena yang terjadi dan mendokumentasikan data tersebut. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan situasi yang bersifat fakta. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai-nilai multikultural yang diterapkan Pondok Pesantren Al-Hidayah Bumirejo Kebumen meliputi nilai demokrasi yang tercermin dalam kegiatan syawir dan pemilihan lurah, nilai toleransi yang tercermin dalam pengelompokan kamar santri, nilai kebersamaan yang tercermin dalam keseharian santri seperti makan, tidur, dan hafalan, nilai kesetaraan yang tercermin dalam takziran atau hukuman dan kesetaraan gender, nilai kemanusiaan yang tercermin dalam hubungan santri dengan masyarakat, nilai nasionalisme dan cinta tanah air yang tercermin dalam kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Hari Santri. Adapun implementasi nilai-nilai multikultural di Pondok Pesantren Al-Hidayah Bumirejo Kebumen melalui beberapa tahap seperti tahap penerimaan, tahap partisipasi, tahap menilai, tahap mengorganisasi dan tahap internalisasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Faisal, S.Ag.,M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural, Pondok Pesantren Al-Hidayah Kebumen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 02:05 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 02:05 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/601 |