Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sadang

Ines Eka Fitriyani, NIM.18116471 (2022) Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sadang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (581kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (273kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (648kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (258kB)

Abstract

ABSTRAK
Ines Eka Fitriyani. 18116471. Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sadang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sadang. (2) Faktor penghambat strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sadang. (3) Solusi dari hambatan strategi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sadang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data tidak dipandu oleh teori, tetapi dipandu oleh fakta-fakta yang ditemukan pada saat penelitian di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data model Milles and Huberman, ada tiga tahap dalam analisis data kualitatif yaitu: 1) Data Reduction (Reduksi data), 2) Data Display (Penyajian Data), 3) Conclusion Drawing (Menarik Kesimpulan). Hasil penelitian
ang telah dilakukan oleh penulis dapat ditarik kesimpulan
bahwa: 1) Strategi pembelajaran Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sadang sangatlah penting terutama di masa Endemi ini. Strategi yang dilakukan Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
SMP Negeri 1 Sadang antara lain, dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, berbasis masalah, serta visualisasi. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran behavioristik, dengan metode ceramah, metode latihan, metode meta plane, metode pemberian tugas, metode pendekatan filsafat, dan metode tanya jawab, serta menggunakan media dan alat pembelajaran yang bervariasi yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa, membangun kedekatan emosional siswa, memahami bagaimana guru sebagai (mediator, fasilitator, motivator), memberikan rewards and punishments, serta memberikan penilaian pada siswa untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi yang disampaikan serta mengetahui hasil yang diperoleh dari apa yang telah dilakukan siswa. (2) Faktor penghambat Strategi pembelajaran Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sadang, yaitu minimnya sarana dan prasarana sebagai penunjang kegiatan pembelajaran, kesulitan dalam memahami perbedaan karakteristik setiap siswa, serta aspek kognitif dan pengalaman siswa yang belum luas dan banyak. (3) Solusi dalam mengatasi hambatan strategi Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu dengan meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana di SMP Negeri 1
Sadang, melakukan inovasi dalam pembelajaran, serta melakukan evaluasi pembelajaran sebagai tolak ukur berhasilnya suatu proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Nurhidayah,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Guru PAI, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2023 01:40
Last Modified: 01 Mar 2023 01:40
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item
View Item