EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN METODE TUGAS DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH DARUSSA'ADAH PETANAHAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2021/2022

Anggi Budi Setiawan, NIM.18116437 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN METODE TUGAS DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH DARUSSA'ADAH PETANAHAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2021/2022. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (469kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (249kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (140kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (112kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK
Anggi Budi Setiawan. 18116437. Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Metode Tugas di Kelas XI Madrasah Aliyah Darussa'adah Petanahan Kebumen Tahun Ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak dengan metode tugas di kelas XI Madrasah Aliyah Darussa'adah; (2) Untuk menganalisis efektivitas pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode tugas di kelas XI Madrasah Aliyah Darussa'adah; (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan
faktor penghambat dalam pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas XI Madrasah Aliyah Darussa'adah. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Objek yang diteliti adalah peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Darussa'adah Petanahan Kebumen sejumlah 74 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitatif.
Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan
Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Metode Tugas di kelas XI Madrasah Aliyah Darussa‟adah telah berjalan dengan baik dan efektif; (2) Efektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Metode Tugas di kelas XI Madrasah Aliyah Darussa‟adah tidak terlepas dari beberapa komponen yaitu: (a) tujuan, (b) pendidik, (c) peserta didik, (d) bahan ajar, (e) sumber belajar, (f) evaluasi; (3) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak di kelas XI Madrasah Aliyah Darussa‟adah yaitu: (a) faktor pendukung yang terdiri dari suasana pembelajaran, pendekatan pembelajaran, kedisiplinan peserta didik, sarana prasarana, dan media pembelajaran; (b) faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Benny kurniawan,M.Pd.I Pembimbing 2 : Fibriyan Irodati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, mata pelajaran Akidah Akhlak, Metode Tugas
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:00
Last Modified: 08 Dec 2022 02:00
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/572

Actions (login required)

View Item
View Item