IMPLEMENTASI CTL PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTs AL-AZHAR KALIJAYA KEBUMEN TAHUN 2019

Humedi, NIM.15115560 and Dr. H. Imam Satibi, M.Pd.I, NIDN. 2123027201 (2019) IMPLEMENTASI CTL PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTs AL-AZHAR KALIJAYA KEBUMEN TAHUN 2019. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
Bagian awal skripsi HUMEDI 2020 pdf.pdf - Published Version

Download (391kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
BAB 1 FIX pdf.pdf - Published Version

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK
HUMEDI, 15115560. Implementasi CTL tipe Card Sort pada Mata
Pelajaran Fikih Kelas VII A di MTs Al Azhar Kalijaya Kebumen Tahun
2019/2020.
Latar belakang masalah dari penelitian ini, yaitu rendahnya hasil belajar
siswa kelas VII A MTs Al-Azhar Kalijaya Tahun Pelajaran 2019/ 2020 pada mata
pelajaran Fikih yang belum mencapai KKM, yaitu 70. Tujuan penelitian ini
adalah: (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CTL tipe Card Sort
pada mata pelajaran Fikih di kelas VII A MTs Al-Azhar Kalijaya; (2) untuk
mengetahui apakah model pembelajaran CTL tipe Card Sort dapat meningkatkan
hasil belajar Fikih bagi siswa kelas VIIA MTs Al Azhar Kalijaya.
Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian
adalah siswa kelas VII A MTs Al Azhar Kalijaya sejumlah 26 siswa yang terdiri
dari 14 laki-laki dan 12 perempuan. Sumber data diperoleh dari siswa, guru, dan
teman sejawat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teknik
dan sumber. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing�masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelititan dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan
model pembelajaran CTL tipe Card Sort pada mata pelajaran Fikih telah
dilaksanakan dengan baik sesuai prosedur; (2) penerapan model pembelajaran
CTL tipe Card Sort secara umum dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan
hasil: (a) nilai rata-rata siswa pada kondisi awal yang semula 58,46 meningkat
pada siklus I menjadi 78,85 dan pada siklus II menjadi 85,38; (b) ketuntasan
belajar siswa juga meningkat yang dimulai dari prasiklus 20,38%, siklus I menjadi
72,31%, dan siklus II meningkat lagi menjadi 80,77%.
Kata kunci : CTL tipe Card Sort, Hasil belajar, Mata pelajaran Fikih

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CTL tipe Card Sort, Hasil belajar, Mata pelajaran Fikih.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:01
Last Modified: 16 Sep 2021 03:01
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item
View Item