TSANI ANIQ SA’ADAH, NIM.15115579 and Dr. M. Slamet Yahya, M.Ag., NIDN.2004117201 (2019) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI BULLIYING PADA PESERTA DIDIK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (Studi Kasus di Kelas VIII F MTs SalafiyahWonoyoso Kebumen). Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
cover dkk fix.pdf - Published Version
Download (305kB)
bab I.pdf - Published Version
Download (291kB)
Abstract
ABSTRAK
Tsani Aniq Sa’adah. 15115579. Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Bulliying
pada Peserta DidikTahun Ajaran 2019/2020.(Studi Kasus di Kelas VIII F di MTs
Salafiyah Wonoyoso Kebumen).
Masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya perilakubulliyingyang
dilakukan oleh peserta didik kepada teman sekelasnya pada saat pembelajaran
berlangsung.Perilaku bulliying yang terjadi berulang kali dapat menyebabkan
dampak negatif berupatraumamaupun luka mental bagikorban, apabila tidak
kunjung diatasi.Oleh karena itu,lingkungan sekolah yang kondusifdan strategi
penanganan masalah yang ditawarkan oleh guru diharapkan dapat menjadi solusi
dalammenciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan aman bagi peserta
didik.Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui strategi guru PAI dalam
mengatasi bulliying pada peserta didik kelas VIII F MTs Salafiyah Wonoyoso
Kebumen; (2) untuk mengetahui pengaruh strategi guru PAI dalam mengatasi
bulliying pada peserta didik kelas VIII F di MTs Salafiyah Wonoyoso Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat
kualitatif-deskriptifdengan bantuan pendekatan kuantitatif dalam menyajikan latar
belakang. Adapun subjek penelitiannya yaitu guru BK MTs Salafiyah Wonoyoso,
wali kelas VIII F MTs Salafiyah Wonoyoso, guru PAI MTs Salafiyah Wonoyoso,
dan peserta didik kelas VIII F MTs Salafiyah Wonoyoso Kebumen.Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi.Sedangkan analisis data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada tiga upaya
yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi perilakubulliying pada peserta didik di
kelas VIII F, yaitupencegahan, peringatan langsung dan pemberian konseling; (2)
terbentuknya karakter berani dan percaya diri peserta didik diiringi tingkatperilaku
bulliyingyang mulai mengalami penurunan dari sebelumnya.
Kata Kunci: Strategi, Guru PAI, Bulliying
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru PAI, Bulliying |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 02:48 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 02:48 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/55 |