MANAJEMEN PENGELOLAAN TPQ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN KEBONSARI PETANAHAN KEBUMEN TAHUN 2019

SOFI MUBARIKA, NIM.1513040 and Dr. Sudadi, M.Pd.I, NIDN 2112105601 (2019) MANAJEMEN PENGELOLAAN TPQ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN KEBONSARI PETANAHAN KEBUMEN TAHUN 2019. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
cover pdf.pdf - Published Version

Download (604kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
BAB I_1 pdf.pdf - Published Version

Download (555kB)

Abstract

ABSTRAK
Sofi Mubarika. 1513040. Seorang mahasiswa dari IAINU Kebumen, yang kini
sudah berada di semester 8, jurusan MPI. Telah melaksanakan tugas skripsi yang
berjudul Manajemen Pengelolaan TPQ dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Agama Islam di SDN Kebonsari Petanahan Kebumen Tahun 2019.
Penelitian ini mempunyai latar belakang bahwa penyeimbang pendidikan
adalah keseimbangan antara pendidikan ilmu pengetahuan umum dan ilmu
pendidikan agama Islam. Salah satu sekolah yang menerapkan sistem tersebut
melalui program TPQ sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan
agama Islam di SDN Kebonsari Petanahan. Kualitas yang dimaksud baik dari segi
prestasi dan kualitas diri siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses
pembelajaran pendidikan agama Islam melalui program TPQ di SDN Kebonsari
Petanahan dan apa saja hasil yang diperoleh SDN Kebonsari Petanahan dalam
meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam melalui program TPQ. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan
metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis
menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif.
Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran
Pendidikan Agama Islam melalui program TPQ di SDN Kebonsari Petanahan
berjalan dengan menggunakan kurikulum yang merupakan integrasi dari
kurikulum madrasah dan pesantren. Hasil yang diperoleh dalam meningkatkan
kualitas Pendidikan Agama Islam dalam waktu 2 tahun dari tahun 2017 dengan
nilai rata-rata Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 70,46 meningkat di
tahun 2019 menjadi 74,14 melalui program TPQ berdampak positif baik bagi
siswa, guru, maupun sekolah. Pengetahuan serta prestasi siswa maupun sekolah
mengalami peningkatan sebesar 5%. Sehingga, program TPQ di SDN Kebonsari
Petanahan harus tetap dilanjutkan dengan meningkatkan kualitas segala aspeknya
untuk untuk menciptakan generasi penerus yang berkualitas.
Kata Kunci: Kualitas Pendidikan Agama Islam dan TPQ

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pendidikan Agama Islam dan TPQ
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:31
Last Modified: 16 Sep 2021 02:31
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item
View Item