PENGARUH KOMPETENSI GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ LUBABUTH THOLIBIN SANGUBANYU

Istinganatun, NIM.18116450 (2022) PENGARUH KOMPETENSI GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ LUBABUTH THOLIBIN SANGUBANYU. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (653kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (420kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (525kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (186kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (781kB)

Abstract

ABSTRAK
Istinganatun. 18116450. Pengaruh Kompetensi Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an
terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di TPQ Lubabuth Tholibin
Sangubanyu, Program S1, Pendidikan Agama Islam, IAINU Kebumen, 2022.
Tujuan Penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui kompetensi guru di TPQ Lubabut
Tholibin Snagubanyu. 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an santri di
TPQ Lubabut Tholibin Sangubanyu. 3) Untuk mengetahui besar pengaruh kompetensi
guru terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Lubabut Tholibin
Sangubanyu.
Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulam data
berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis data dengan uji regresi linier sederhana. Langkahlangkah analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: Analisis awal, analisis
uji instrumen, analisis uji prasyarat, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kompetensi guru di TPQ
Lubabuth Tholibin menunjukan pada tingkat yang cukup. 2) Kemampuan membaca AlQur’an santri di TPQ Lubabuth Tholibin Sangubanyu menunjukan pada kategori yang
cukup. 3) Dari hasil uji determinasi, dapat diketahui besar pengaruh kompetensi guru
terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an adalah 53,2 % berada pada interval koefisien
yaitu 0,40-0,599 dan interpretasinya masuk dalam kategori sedang. 4) Dari hasil uji t
dapat diketahui bahwa nilai t hitung kompetensi Guru adalah 7.236. Sedangkan nilai t
tabel dengan derajat bebas (df) = N-2 = 50-2 = 48 dari tabel t ditemukan nilai t tabel
sebesar 1,677. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa t hitung > t tabel (7,236 > 1,677),
artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru terhadap kemampuan
membaca Al-Qur’an santri. Dan dari hasil uji t pula, diketahui nilai sign. 0,00 lebih kecil
dari 0,05 (0,00 < 0,05) ini berarti terdapat pengaruh yang erat antara kompetensi guru
terhadap kemampuan membaaca Al-Qur'an santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Benny Kurniawan, M.Pd.I Pembimbing 2 : Maryanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:39
Last Modified: 30 Nov 2022 04:39
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item
View Item