Istinganatun, NIM.18116450 (2022) PENGARUH KOMPETENSI GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ LUBABUTH THOLIBIN SANGUBANYU. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (653kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (525kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (186kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (781kB)
Abstract
ABSTRAK
Istinganatun. 18116450. Pengaruh Kompetensi Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an
terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di TPQ Lubabuth Tholibin
Sangubanyu, Program S1, Pendidikan Agama Islam, IAINU Kebumen, 2022.
Tujuan Penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui kompetensi guru di TPQ Lubabut
Tholibin Snagubanyu. 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an santri di
TPQ Lubabut Tholibin Sangubanyu. 3) Untuk mengetahui besar pengaruh kompetensi
guru terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Lubabut Tholibin
Sangubanyu.
Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulam data
berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis data dengan uji regresi linier sederhana. Langkahlangkah analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: Analisis awal, analisis
uji instrumen, analisis uji prasyarat, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kompetensi guru di TPQ
Lubabuth Tholibin menunjukan pada tingkat yang cukup. 2) Kemampuan membaca AlQur’an santri di TPQ Lubabuth Tholibin Sangubanyu menunjukan pada kategori yang
cukup. 3) Dari hasil uji determinasi, dapat diketahui besar pengaruh kompetensi guru
terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an adalah 53,2 % berada pada interval koefisien
yaitu 0,40-0,599 dan interpretasinya masuk dalam kategori sedang. 4) Dari hasil uji t
dapat diketahui bahwa nilai t hitung kompetensi Guru adalah 7.236. Sedangkan nilai t
tabel dengan derajat bebas (df) = N-2 = 50-2 = 48 dari tabel t ditemukan nilai t tabel
sebesar 1,677. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa t hitung > t tabel (7,236 > 1,677),
artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru terhadap kemampuan
membaca Al-Qur’an santri. Dan dari hasil uji t pula, diketahui nilai sign. 0,00 lebih kecil
dari 0,05 (0,00 < 0,05) ini berarti terdapat pengaruh yang erat antara kompetensi guru
terhadap kemampuan membaaca Al-Qur'an santri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Benny Kurniawan, M.Pd.I Pembimbing 2 : Maryanto, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 04:39 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 04:39 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/491 |