IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DI MI KHR ILYAS MADURETNO TAHUN AJARAN 2021/2022

Juni Indriyani, NIM.1812839 (2022) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DI MI KHR ILYAS MADURETNO TAHUN AJARAN 2021/2022. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (516kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (185kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (221kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK
Juni Indriyani. 1812839. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam
Meningkatkan Kemampuan Membaca di MI KHR Ilyas Maduretno Tahun Ajaran
2021/2022.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pelaksanaan Gerakan
Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan kemampuan membaca di kelas II MI
KHR Ilyas Maduretno, (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor
penghambat penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan
kemampuan membaca di kelas II MI KHR Ilyas Maduretno.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi
lapangan dengan mengambil latar MI KHR Ilyas Maduretno. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam
penelitian ini adalah Masruri, S,Ag selaku kepala MI KHR Ilyas Maduretno, Fitri
Donayanti selaku guru kelas II, Rizal Alif Rifa‟i selaku staff perpustakaan dan
siswa kelas II. Kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data serta
kesimpulan dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa implementasi
Gerakan Literasi Sekolah yang dilaksanakan di MI KHR Ilyas Maduretno berada
pada tahapan pembiasaan. Hal ini diwujudkan dengan melaksanakan program
pembiasaan 15 menit membaca sebelum pembelajaran. Penerapan program ini
memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca di kelas II. Hal
ini dilihat dari kebiasaan siswa membaca di pagi hari sebelum pembelajaran
dimulai. Faktor pendukung antara lain; tersedianya pojok baca di setiap ruang
kelas dan strategi guru untuk meningkatkan semangat siswa melalui
pendampingan guru kepada siswa serta adanya program internship siswa.
Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan GLS antara lain; ketersediaan
buku yang masih kurang, perpustakaan yang belum tertata dengan baik, serta
kurangnya motivasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Atim Rinawati,M.Pd Pembimbing 2 : Bahrun Ali murtopo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, Kemampuan Membaca
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:10
Last Modified: 30 Nov 2022 04:10
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item
View Item