PENGARUH METODE PENUGASAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MI MA‟ARIF JATIMULYO TAHUN AJARAN 2021/2022

Ani Fatul Munawaroh, NIM.1812832 (2022) PENGARUH METODE PENUGASAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MI MA‟ARIF JATIMULYO TAHUN AJARAN 2021/2022. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (99kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (195kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (238kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (143kB)

Abstract

ABSTRAK
Ani Fatul Munawaroh. 1812832. Pengaruh Metode Penugasan Pekerjaan Rumah
Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Mi Ma‟arif Jatimulyo Tahun Ajaran
2021/2022.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendiskripsikan pengaruh metode
penugasan pekerjaan rumah terhadap hasil belajar matematika kelas V MI Ma‟arif
Jatimulyo, (2) Untuk membuktikan pengaruh metode penugasan pekerjaan rumah
terhadap hasil belajar matematika kelas V MI Ma‟arif Jatimulyo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. Observasi dan wawancara digunakan untuk menggali data,
proses belajar, sarana dan prasarana pendidikan di Madrasah. Dokumentasi
digunakan untuk mengetahui hasil pengaruh metode penugasan pekerjaan rumah.
Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran matematika menggunakan metode penugasan pekerjaan rumah.
Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Guru Matematika dan peserta didik
kelas V. Kemudian dianalisis dan diolah menggunakan uji t melalui Software
SPSS 26.0, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara hasil belajar matematika peserta didik
menggunakan metode penugasan pekerjaan rumah di kelas V MI Ma‟arif
Jatimulyo, dapat dilihat dari hasil data yang telah dilakukan menggunakan soal
Pretest dan Posttest. Dengan dibuktikan hasilnya bahwa hasil nilai signifikansi =
0,000, dengan taraf kesalahan (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa siq < 0,05,
maka Ha diterima. Jadi, Terdapat pengaruh metode penugasan pekerjaan rumah
terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas V MI
Ma‟arif Jatimulyo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. H. Makhrur Adam Maulana, S.Ag Pembimbing 2 : Mustajab,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode Pekerjaan Rumah, Hasil Belajar, dan Pembelajaran Matematika MI
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:10
Last Modified: 30 Nov 2022 02:10
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item
View Item