IMPLEMENTASI PEMBIASAAN KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK DI SDN 3 DOROWATI KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN

Nila Feliana, NIM.18116484 (2022) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK DI SDN 3 DOROWATI KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (537kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (253kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (306kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (335kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (425kB)

Abstract

ABSTRAK
Nila Feliani. 18116484. Implementasi Pembiasaan Keagamaan Pada Peserta Didik
di SDN 3 Dorowati Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen.
Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk
pembiasaan keagamaan pada peserta didik di SDN 3 Dorowati; (2) untuk mengetahui
bagaimana implementasi pembiasaan keagamaan pada peserta didik di SDN 3
Dorowati; dan (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi
pembiasaan keagamaan pada peserta didik di SDN 3 Dorowati.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi lapangan. Untuk metode
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Adapun untuk teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa:
(1) bentuk-bentuk pembiasaan keagamaan di SDN 3 Dorowati terdiri dari lima hal yaitu
berdoa dan salam, hafalan doa, shalat dzuhur berjamaah, ekstrakulikuler BTQ dan
jum’at amal; (2) adapun untuk implementasinya yaitu berdoa dan salam yang dilakukan
setiap hari sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, hafalan doa dilaksanakan setiap
hari selasa, kamis, dan sabtu sebelum kegiatan pembelajaran, shalat dzuhur berjamaah
dilaksanakan setiap hari senin sampai hari kamis sesuai jadwalnya masing-masing,
ekstrakulikuler BTQ wajib dan Jum’at amal yang dilaksanakan setiap hari Jum’at
sebelum kegiatan pembelajaran; dan (3) faktor pendukung (internal) meliputi sarana dan
prasarana, adanya kerjasama antara guru dan peserta didik, dan tata tertib/ketentuan
sekolah. Faktor pendukung (eksternal) yaitu sosial budaya masyarakat. Faktor
penghambat (internal) meliputi kedisiplinan, kemandirian peserta didik, konsistensi dan
ketegasan. Faktor penghambat (eksternal) yaitu pandemi covid-19 dan kebiasaan peserta
didik di lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Imam Subarkah.,M.Pd Pembimbing 2 : Shohibul Adib, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Keagamaan, Peserta Didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2022 01:41
Last Modified: 30 Nov 2022 01:41
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item
View Item