12851. Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Aswaja (Ahlussunah Wal Jamaah) melalui pembelajaran ke-NU-an di MI Giwangretno Sruweng

Diyah Prawestri, NIM. 1812851 (2022) 12851. Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Aswaja (Ahlussunah Wal Jamaah) melalui pembelajaran ke-NU-an di MI Giwangretno Sruweng. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (636kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (248kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (440kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB)

Abstract

Diyah Prawestri, 1812851. Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Aswaja
(Ahlussunah Wal Jamaah) melalui pembelajaran ke-NU-an di MI Giwangretno
Sruweng.

Peran guru dalam pendidikan tidak hanya mengajar dan menyampaikan
ilmu pengetahuan tetapi mereka juga berkontribusi dalam menjaga pemahamanpemahaman

peserta didik tentang penerapan ibadah terutama dalam penerapan
ibadah Ahlussunah Wal Jamaah. Selain itu, bertujuan agar peserta didik tidak
mudah terpengaruh oleh paham-paham lain yang tidak sesuai dengna jiwa
semangat Aswaja. Pemahaman terhadap Ahlulsunnah Wal Jamaah dengan
menjalankan prinsip-prinsip Tasamuh, Tawazun, Tawasuth, dan I’tidal perlu
diperkenalkan sedini mungkin kepada seluruh kader NU, termasuk peserta didik
terutama pada tingkat dasar. Proses pengembangan karakter Aswaja sangat
berpengaruh tehadap penguatan karakter Aswaja yang dimiliki oleh peserta didik
sehingga pembelajaran ke-NU-an sangat penting untuk pengembangan karakter
Aswaja kepada peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi peran guru dalam
mengembangkan karakter Aswaja, kendala yang dialami oleh guru serta
mengetahui tujuan dari pengembangan karakter Aswaja pada peserta didik melalui
pembelajaran ke-NU-an
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini
dilaksanakan di kelas IV A MI Giwangretno Sruweng subyek dari penilitian ini
meliputi peserta didik dan guru. Data yang diperoleh menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data
kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) peranan guru
dalam mengembangkan karakter Aswaja pada peserta didik melalui pembelajaran
ke-NU-an; (2) dari hasil penelitian ini juga terdapat kendala yang dialami guru
dalam mengembangakan karakter Aswaja pada peserta didik yaitu faktor interenal
dan eksternal (3) tujuan dari pengembangan karakter Aswaja pada peserta didik
yaitu memahami sejarah, budaya serta pembiasaan sesuai dengan Nahdlatul
Ulama.

Kata Kunci : Karakter Aswaja, Pembelajaran ke-NU-an, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Nurhidayah, M.Pd. Pembimbing 2 : Nadia Raifah Nawa Kartika, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Karakter Aswaja, Pembelajaran ke-NU-an, Peserta Didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2022 07:46
Last Modified: 29 Nov 2022 07:46
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item
View Item