STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA SOAL CERITA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI ROUDHLOTUSH SHOLIHIN JEMUR

Istikomah, NIM.1812838 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA SOAL CERITA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI ROUDHLOTUSH SHOLIHIN JEMUR. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (341kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (228kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (107kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK
Istikomah, 1812838, 2022. Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar
Siswa pada Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika di MI Roudhlotush Sholihin
Jemur. Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen.
Keberhasilan proses belajar mengajar sangat penting untuk mencapai
tujuan pembelajaran. Namun tidak jarang adanya kendala yang dialami dalam
proses belajar mengajar. Salah satunya pada mata pelajaran matematika di sekolah
dasar terutama soal cerita masih dianggap pelajaran yang susah. Tidak jarang guru
menghadapi kendala dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswanya.
Dalam mengatasi kesulitan belajar guru membutuhkan strategi yang tepat supaya
kesulitan belajar dapat teratasi dengan baik.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif,
metode pengumpulan data dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun
analisa data meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kesulitan yang
dihadapi oleh siswa dalam mata pelajaran matematika soal cerita kelas IVB MI
Roudhlotush Sholihin Jemur yaitu memahami konsep perhitungan matematika
dalam merubah soal cerita kedalam perhitungan matematika, kemampuan daya
tangkap yang berbeda-beda, faktor teman yang sudah selesai mengerjakan
menjadikan yang lain menjadi buru-buru dalam mengerjakan dan literasi
membaca yang masih kurang sehingga membuat pemahaman soal cerita
berkurang. Oleh karena itu, strategi yang guru gunakan dalam mengatasi kesulitan
belajar pada mata pelajaran matematika soal cerita menggunakan metode
pembelajaran langsung dimana guru menjadi pusat perhatian siswa, memberikan
motivasi dan semangat kepada siswa serta selalu mendukung siswa untuk terus
belajar dan memberikan pertanyaan sebelum pembelajaran juga evaluasi setelah
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Bahrun Ali Murtopo.,M.Pd.I Pembimbing 2 : Agus Nur Soleh.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Matematika, Soal Cerita
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2022 04:01
Last Modified: 29 Nov 2022 04:01
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item
View Item