UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN HASIL BELAJAR PAI MATERI SALAT JAMAK DAN QASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP NEGERI 2 SEMPOR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Susiliyawanti, NIM.16115976 (2020) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN HASIL BELAJAR PAI MATERI SALAT JAMAK DAN QASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP NEGERI 2 SEMPOR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (452kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (158kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (527kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (127kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK
Susiliyawanti 16115976. Upaya Meningkatkan Pembelajaran Hasil Belajar
PAI Materi Salat Jamak dan Qasar Melalui Model Pembelajaran Example
Non Example Pada Peserta Didik Kelas VII B SMP negeri 2 Sempor
Tahun Pelajaran 2020/2021.
Tujuan Penelitian adalah : (1) Untuk mengetahui upaya
meningkatkan pembelajaran Hasil Belajar PAI materi salat jamak qasar
melalui model pembelajaran Example Non Example pada peserta didik
kelas VII B SMP N 2 Sempor Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini berupa penelitian Kualitatif. Siswa yang diteliti
adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sempor sejumlah 32 siswa. Data
yang digunakan berupa data pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan
model pembelajaran tidak langsung dan hasil belajar. Teknis analisis data
yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) Guru
pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Sempor menerapkan model
pembelajaraan Example Non Example pada pembelajaran pendidikan
agama Islam telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan prosedur; (2)
Penerapan model pembelajaran Example Non Example di SMP Negeri 2
Sempor dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil: (a) Nilai
rata-rata siswa terus meningkat yang semula 76,25 meningkat menjadi
87,81; (b) Ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 65,62%
meningkat menjadi 93,75%. Penerapan model pembelajaran Example Non
Example yang sudah digunakan di SMP Negeri 2 Sempor meningkatkan
hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Imam Subarkah, M.Pd Pembimbing 2 : Maryanto.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Example Non Example, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:11
Last Modified: 29 Nov 2022 03:11
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item
View Item