PENERAPAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KETELADANAN GURU DI MTs AL IKHSAN CANDIRENGGO

IKA KHOLIFATUNNISA KHASANAH, NIM.15115593 and Drs. H. M. Sholeh, M.P.d.I, NIDN 2115035602 (2019) PENERAPAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KETELADANAN GURU DI MTs AL IKHSAN CANDIRENGGO. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI cover] Text (Skripsi PAI cover)
BAGIAN AWAL pdf.pdf - Published Version

Download (565kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
BAB I Terbaru pdf.pdf - Published Version

Download (436kB)

Abstract

ABSTRAK
Ika Kholifatunnisa Khasanah. 15115593. Penerapan Program Penguatan
Pendidikan Karakter Berbasis Keteladanan Guru di MTs Al Ikhsan Candirenggo.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan program
penguatan pendidikan karakter berbasis keteladanan guru di MTs Al Ikhsan
Candirenggo; (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam
pelaksanaan penerapan program penguatan pendidikan karakter berbasis
keteladanan guru di MTs Al Ikhsan Candirenggo
.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yang mana merupakan
suatu penelitian dimana penelitian ini meneliti pada kondisi obyek alamiah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang
dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian nilai pendidikan karakter yang dicontohkan
oleh guru melalui berbagai kegiatan adalah (1) nilai estetika yang diwujudkan
melalui sikap 5S (sapa, salam, senyum, sopan dan santun), (2) nilai spiritual yang
diwujudkan dalam berbagai kegiatan, seperti berdoa sebelum melaksanakan
pembelajaran, membaca asmaul husna dan tadarus Al qur’an sebelum
melaksanakan pembelajaran, melaksanakan sholat dhuha, dan sholat duhur
berjama’ah. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan
pendidikan karakter adalah (1) keterbatasan waktu pengawasan guru terhadap
siswa, (2) kurangnya perhatian dari orang tua karena kesibukannya dalam bekerja,
(3) dan berbedanya latar belakang keluarga dan lingkungan siswa.
Kata Kunci: Penerapan, Program, Penguatan Pendidikan Kararter, Keteladanan guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Program, Penguatan Pendidikan Kararter, Keteladanan Guru
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:38
Last Modified: 13 Sep 2021 07:38
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item
View Item