IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI PECARIKAN KECAMATAN PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN

Ahmad Syu'bi Alwi, NIM.18116417 (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI PECARIKAN KECAMATAN PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (944kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (203kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (212kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (282kB)

Abstract

ABSTRAK
Khulasoh Himawati, 18116417, Implementasi Pendidikan Inklusif Di
Sekolah Dasar Negeri Pecarikan Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen.
Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi
Pendidikan Inklusif Di SD Negeri Pecarikan (2) Untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat implementasi pendidikan inklusif SD Negeri
Pecarikan Kebumen.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi implementasi pendidikan inklusif yang terdiri dari
tenaga pendidik dan kepala sekolah SD Negeri Pecarikan Kebumen. Teknik
analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pendidikan
Inklusif di SD Negeri Pecarikan Kebumen menggunakan tahap perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanan meliputi proses persiapan,
penyusunan program kerja dan struktur kepengurusan di SD Negeri Prcarikan
Kebumen. Kemudian tahap pelaksanaan implementasi pendidikan inklusif di SD
Negeri Pecarikan Kebumen dijalankan sesuai dengan kondisi sumber daya yang
ada di sekolah tersebut. Pada faktor pendukung dan penghambat dalam
implementasi pendidikan inklusif terletak pada sumber daya manusia, sarana dan
prasana yang belum memadai dan belum adanya biaya operasional khusus untuk
ABK, sehingga dalam menjalankan implementasi pendidikan inklusif belum
mencapai tahap maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Fikria Najitama, M.H.I.,M.S.I Pembimbing 2 : Maryanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: : Implementasi, Pendidikan Inklusif
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:51
Last Modified: 22 Nov 2022 03:51
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item
View Item