Upaya Guru Dalam Mengurangi Masalah Tantrum Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Siswa Kelas 1 di MI Logaritma Kedungjati Sempor Kebumen. Skripsi Kebumen: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen 2022

Rina Pustika Sari, NIM. 18116578 (2022) Upaya Guru Dalam Mengurangi Masalah Tantrum Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Siswa Kelas 1 di MI Logaritma Kedungjati Sempor Kebumen. Skripsi Kebumen: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen 2022. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (870kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (339kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (258kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (246kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB)

Abstract

Rina Pustika Sari, 18116578, Upaya Guru Dalam Mengurangi Masalah
Tantrum Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Siswa Kelas 1 di MI
Logaritma Kedungjati Sempor Kebumen. Skripsi Kebumen: Jurusan Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen
2022.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam
mengurangi masalah tantrum dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MI
Logaritma Kedungjati sempor. (2) Mengetahui bagaimana perencanaan yang harus
dilakukan dalam mengurangi masalah tantrum untuk Siswa kelas 1 di MI Logaritma. (3)
mengetahu evaluasi pembelajaran dalam mengurangi tantrum di MI Logaritma.
Penelitian ini berupa kualitatif yang bersifat diskriptif. Data-data yang terkumpul
kemudian dianalisis dan di interprestasikan sehingga mudah dipahami dan disimpulkan.
Teknik pengumpulan data yang terkumpul berupa wawancara, observasi dan
dokumentasi. Adapun penelitian yaitu : (1) Kepala Sekolah MI Logaritma Kedungjati
Sempor. (2) Guru Pendamping Kelas 1. (3) Guru Pendidikan Agama Islam.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa upaya guru dalam
mengurangi masalah tantrum dalam pembelajaran pendidikan agama islam (PAI) pada
siswa kelas 1 di MI Logaritma Kedungjati yaitu : (1) sebagai fasilitator, (2) sebagai
pembimbing, (3) sebagai penyedia lingkungan, (4) sebagai komunikator, (5) sebagai
keteladanan, (6) sebagai evaluator, (7) dan sebagai inovator. Adapun yang menjadi faktor
pendukung guru dalam mengurangi masalah tantrum yaitu faktor yang pertama guru,
yang kedua faktor kepribadian peserta didik, dan yang ketiga faktor sarana dan prasarana.
Sedangkan, yang menjadi faktor penghambat guru pendidikan agama islam dalam
mengurangi masalah tantrum yaitu, kurangnya pengawasan dari pihak sekolah,
kurangnya kerjasama antar guru dan orang tua peserta didik.

Kata Kunci : Tantrum, PAI, MI Logaritma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1: Benny Kurniawan, M.Pd.I. Pembimbing 2 : Maesaroh, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tantrum, PAI, MI Logaritma
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:38
Last Modified: 22 Nov 2022 03:38
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item
View Item