Sasi Nuria, NIM.18116491 (2022) DINAMIKA PEMBELAJARAN PAI PADA MASA PANDEMI MENUJU NEW NORMAL DI SDN 1 WONOYOSO KECAMATAN KUWARASAN KABUPATEN KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (662kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (202kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (273kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (105kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB)
Abstract
ABSTRAK
Sasi Nuria. 18116491. Dinamika Pembelajaran PAI Pada Masa Pandemi Menuju
New Normal Di SDN 1 Wonoyoso Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen.
Skripsi. Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen.
Indonesia sudah memasuki pandemi covid-19 yang mulai menurun. Berdasarkan
hal tersebut pemerintah memberikan kebijakan untuk melaksanakan proses
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) pada awal tahun 2021. Berhadapan
dengan situasi pandemi dan new normal, guru Pendidikan Agama Islam
diharapkan kesiapan dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas yang dilaksanakan
di sekolah dengan memperhatikan kesiapan dari segi internal maupun eksternal.
Kesiapan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dari segi internal
berupa adanya dukungan dari orang tua, dan guru. Segi eksternal berupa metode,
media, bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran.
Penelitian yang dilakukan di SDN 1 Wonoyoso Kuwarasan merupakan salah satu
penelitin deskriptif kualitatif yang menggunakan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Adapun jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian lapangan.
Penelitian ini digunakan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang
dilakukan di SDN 1 Wonoyoso pada masa perubahan dari masa pandemi menjadi
masa new normal dan faktor yang melatarbelakangi perubahan metode
pembelajaran pada masa pandemi dan new normal. Faktor tersebut dikarenakan
adanya kewaspadaan dan kehati-hatian dari perubahan pembelajaran saat masa
pandemi menuju new normal. Dalam penggunaan metode guru Pendidikan
Agama Islam juga harus siap, karena sebelumnya saat pembelajaran daring tidak
adanya tatap muka antara guru dan peserta didik. Metode yang digunakan saat
Pembelajaran Daring seperti daring method dan home visit, sedangkan pada
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas diadakan tatap muka dengan mematuhi
protokol kesehatan. Metode yang digunakan saat pembelajaran tatap muka
terbatas seperti metode ceramah, diskusi dan tanya jawab
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. H.M.Bahrul Ilmie.,S.Ag,M.Hum Pembimbing 2 : Dr. Eliyanto, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | : Dinamika Pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 02:20 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 02:20 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/448 |