STATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II MI N 4 KEBUMEN

Andrianto, NIM.1812831 (2022) STATEGI GURU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II MI N 4 KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (483kB)
[thumbnail of BAB II Skripsi Andrianto.pdf] Text
BAB II Skripsi Andrianto.pdf - Published Version

Download (299kB)
[thumbnail of BAB III Skripsi Andrianto.pdf] Text
BAB III Skripsi Andrianto.pdf - Published Version

Download (113kB)
[thumbnail of BAB V Skripsi Andrianto.pdf] Text
BAB V Skripsi Andrianto.pdf - Published Version

Download (230kB)

Abstract

ABSTRAK
Andrianto: Strategi Guru Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika pada
Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Kebumen, Skripsi Fakultas Tarbiyah
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam
Nahdlatul Ulama Kebumen 2022.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi guru untuk
meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 4 Kebumen, (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru saat
meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 4 Kebumen.
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek
penelitian yakni kepala sekolah, guru kelas II, dan siswa kelas II Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 4 Kebumen. Metode pengumpulan data diperoleh dengan
observasi dan wawancara, sedangkan teknik analisi data menggunakan analisis
data kualitatif dengan langkah yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, kemudian verifikasi data/ penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan yakni: 1)
Strategi guru untuk meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas II
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Kebumen adalah dengan melakukan ice breaking
saat pembelajaran, menggunakan strategi pembelajaran realistik, strategi
pembelajaran aktif, pembelajaran individu dan pembelajaran kelompok, mengajar
dengan mengkombinasikan metode pembelajaran, menggunaka media
pembelajaran yang sesuai, dan dengan memberikan penghargaan atau hadiah
kepada siswa; 2) Kendala yang dihadapi guru saat meningkatkan minat belajar
matematika adalah kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh siswa, kemampuan
pemahaman siswa yang berbeda-beda, sikap dan perilaku siswa, lingkungan
keluarga dan teman sekelas yang tidak baik, dan kondisi lingkungan yang buruk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Bahrun Ali Murtopo, M.Pd.I Pembimbing 2 : Oky Ristya Trisnawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: strategi, guru, minat belajar, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:09
Last Modified: 22 Nov 2022 02:09
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item
View Item