PERAN PONDOK PESANTREN AL-ISTIQOMAH TANJUNGSARI PETANAHAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA SANTRI PUTRI TAHUN 2019

MUSLIAH, 15115633 and Drs.H. Hartono, M.Pd.I, NIDN. 2112105501 (2019) PERAN PONDOK PESANTREN AL-ISTIQOMAH TANJUNGSARI PETANAHAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA SANTRI PUTRI TAHUN 2019. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
cover pdf.pdf - Published Version

Download (600kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
BAB 1 pdf.pdf - Published Version

Download (330kB)

Abstract

ABSTRAK
Musliah.15115633. Peran Pondok Pesantren Al-Istiqomah Tanjungsari
Petanahan dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Santri Putri
Tahun 2019.
Tujuan dan Penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui proses penanaman
nilai-nilai pendidikan Islam pada santri melalui kegiatan di Pondok Pesantren Al�Istiqomah. (2) Untuk mengetahui hasil penanaman nilai-nilai pendidikan Islam
pada santri Pondok Pesantren Al-Istiqomah.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang
diperoleh menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisi data menggunakan orientasi atau deskripsi, reduksi data,
dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Peran Pondok Pesantren Al�Istiqomah dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam sebagai berikut: (a)
Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan. Adanya kedua lembaga
pendidikan antara formal dan non formal yang berdiri di Pondok Pesantren Al�Istiqomah sangat mendukung santri untuk selalu semangat dalam menggapai masa
depan karena ilmu yang santri dapatkan itu adalah amanah dari Allah SWT.
Amanah untuk dipahami, diamalkan, dan disebarkan itulah peran dari dua
lembaga pendidikan yang sangat penting terhadap nilai luhur kepribadian para
santri (peserta didik) khususnya bagi para pelajar saat ini (b) Kemimpinan
Seorang Kyai, Kepemimpinan seorang kyai merupakan sikap yang mencerminkan
gaya yang dimiliki oleh seorang kyai untuk mengarahkan, menggerakan
memimpin mempengaruhi orang lain dalam mengelola dan meraih kesuksesan
dalam pondok pesantren. (c) Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang
mencerminkan nilai-nilai pendidikan Islam, Berdasarkan hasil observasi yang
telah peneliti lakukan, maka peneliti memaparkan hasil penelitian mengenai
kegiatan santri.Kegiatan santri dalam kesehariannya seperti mengaji, mengikuti
kegiatan kebersihan, ziarah (d) Pondok Pesantren sebagai Penguatan Karakter
Santri, Dalam menerapkan nilai-nilai ajaran terhadap penguat kesadaran karakter
santri, pondok pesantren telah melakukan berbagai upaya, yaitu dengan cara
menanamkan nilai-nilai ajaran Islam pada saat pengajian, belajar di kelas,
mendatangi langsung ke kamar-kamar santri, memasang sepanduk di tempat
umum.
Kata Kunci: Pondok Pesantren, Nilai, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Nilai, Pendidikan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:23
Last Modified: 13 Sep 2021 04:23
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item
View Item