MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI MODEL SENTRA DALAM UPAYA MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI KBIT ULIL ALBAB KEBUEMEN

Nurani, NIM. 1513035 (2019) MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI MODEL SENTRA DALAM UPAYA MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI KBIT ULIL ALBAB KEBUEMEN. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1.COVER.pdf] Text
1.COVER.pdf - Published Version

Download (529kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (233kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (250kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (179kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10kB)

Abstract

Nurani. 1513035. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Melalui
Model Sentra Dalam Upaya Membentuk Karakter Anak Di Kbit Ulil Albab
Kebumen Tahun Pelajaran 2019/2020.
Tujuan penelitian ini adalah (1) melahirkan formulasi manajemen
pendidikan anak usia dini melalui model sentra dalam upaya membentuk
karakter,(2) melahirkan kaidah-kaidah dalam aplikasi manajemen pendidikan
anak usia dini melalui model sentra, (3) melahirkan pengembangan konsep
manajemen pendidikan anak usia dini melalui model sentra dalam upaya
membentuk karakter di KBIT Ulil Albab Kebumen.
Penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini
bertempat di KBIT Ulil Albab Kebumen. Subjek penelitian kepala sekolah dan
pendidik. Model pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisisnya
menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) manajemen pendidikan anak
usia dini melalui modelsentra dalam upaya membentuk karakter di KBIT Ulil
Albab Kebumen menggunakan perencanan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak
lanjut(2) perencanaan dengan menentukan visi, misi, dana tujuan, program
semester, rencana kegiatan harian, merumuskan struktur dan muatan kurikullum
yang akan dijadikan pedoman dalam pelaksanaan, (3)pelaksananya melalui model
sentra dengan penanaman aqidah, adab dan akhlak, shiroh, tafhidzul quran, hadits,
sholat, doa-doa harian dan adabnya, asmaul husna, dan nama – nama surat dalam
Al Qur’an yang berlangsung terus menerus (4) evaluasi program untuk mengukur
sejauh mana indikator keberhasilan penyelenggaran, evaluasi mengenai proses
pelaksanan yang mencakup kesesuaiaan antara proses belajar mengajar yang
berlangsung, dengan garis- garis besar program yang telah ditentukan, dan
menganalisis tentang kelulusan anak didik yang telah ditetapkan sesuai dengan
tujuan keberhasilan selama di KBIT Ulil Albab Kebumen agar kreteria yang telah
di dikembangkan ditetapkan, (5) tindak lanjut dalam program tersebut kepala
sekolah melakukan supervisi pada setiap kelas bekerja sama dengan guru kelas
dan guru pendamping, agenda rutin dengan orang tua dengan ditangani
narasumber dan psikologi.

Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, Model Sentra, Karakter

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : dr. Sudadi, M.Pd.I. Pembimbing 2 : Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, Model Sentra, Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2022 04:38
Last Modified: 21 Nov 2022 03:44
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item
View Item