Strategi Pembelajaran PAI pada Anak Tunawicara di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tamanwinangun Kebumen 2021/2022

Ericka Pradita., NIM.18116410 (2022) Strategi Pembelajaran PAI pada Anak Tunawicara di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tamanwinangun Kebumen 2021/2022. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (698kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (298kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (85kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB)

Abstract

ABSTRAK
Ericka Pradita. 18116410. Strategi Pembelajaran PAI pada Anak Tunawicara di
Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tamanwinangun Kebumen 2021/2022.
Tunawicara merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang
yang memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi dan pendengaranya, biasanya
mereka berinteraksi menggunakan simbol atau isyarat. Pelajaran Agama Islam
yang membahas hukum-hukum Islam, mengajarkan pengetahuan agama terlebih
tentang Fiqih yang mengatur pelaksanaan hukum Islam menyangkut aspek ibadah.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui Strategi Pembelajaran PAI Materi
Shalat pada Siswa Tunawicara Jenjang SD kelas III di Sekolah Luar Biasa (SLB)
Negeri Tamanwinangun Kebumen. (2) Mengetahui Hambatan Pembelajaran PAI
pada Siswa Tunawicara Jenjang SD kelas III di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri
Tamanwinangun Kebumen.
Penelitian yang penulis lakukan di SLB N Tamanwinangun Kebumen
termasuk kategori penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun jenis penelitian yang dilakukan
adalah penelitian lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
strategi pembelajaran PAI pada anak tunawicara adalah dengan menerapkan
pendekatan kontekstual dan tematik. Serta menggunakan model, metode dan
mengajarkan pemahaman kata-perkata serta melakukan evaluasi dengan harapan
dapat terwujudnya tujuan pembelajaran yang telah dibuat melalui RPP. Hambatan
yang dialami pada pembelajaran PAI meliputi: Hambatan pada sumber belajar,
gangguan pada pendengaran siswa dan rendahnya kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Nurhidayah, M.Pd Pembimbing 2 : Fibrian Irodati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, PAI, Tunawicara
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2022 06:39
Last Modified: 19 Nov 2022 06:39
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item
View Item