IMPLEMENTASI MODEL KLINIS DALAM SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU MATA PELAJARAN FIKIH DI MA AL HUDA ROWOKELE KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Yuli Nur Fajriyah, NIM. 18116613 (2022) IMPLEMENTASI MODEL KLINIS DALAM SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU MATA PELAJARAN FIKIH DI MA AL HUDA ROWOKELE KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Diploma thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (516kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (335kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (441kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (137kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB)

Abstract

Yuli Nur Fajriyah 18116613. Implementasi Model Klinis Dalam Supervisi
Akademik Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Fikih di MA
Al Huda Rowokele Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022.

Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui Deskripsi Pelaksanaan
Model Klinis dalam Supervisi Akademik Kepala Madrasah di MA Al Huda
Rowokele Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Untuk mengetahui Faktor
Pendukung dan Penghambat Implementasi Model Klinis dalam Supervisi
Akademik Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Fikih di MA
Al Huda Rowokele Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek yang diteliti adalah
Kepala Madrasah dan Guru Mata Pelajaran Fikih. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa
data pelaksanaan Model Klinis dalam Supervisi Akademik Kepala Madrasah
Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Fikih. Analisis data yang digunakan
adalah analisis data kualitatif. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Deskripsi
Pelaksanaan Model Klinis dalam Supervisi Akademik Kepala Madrasah Terhadap
Kinerja Guru Mata Pelajaran Fikih di MA Al Huda Rowokele Kebumen Tahun
Pelajaran 2021/2022 dengan melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi tindak lanjut. Dalam hal ini kepala madrasah mempunyai tujuan agar
guru mampu menguasai IT sehingga tidak tertinggal zaman dan juga nantinya
dapat memajukan kuantitas dan kualitas guru. (2) Faktor yang mendukung dalam
Implementasi Model Klinis dalam Supervisi Akademik Kepala Madrasah
Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Fikih di MA Al Huda Rowokele Kebumen
Tahun Pelajaran 2021/2022 yaitu dengan adanya respon yang baik dari para guru,
kinerja guru yang profesional, kelengkapan administrasi, dorongan, motivasi dan
arahan dari kepala madrasah yang baik serta kedisiplinan kepala madarasah, guru
dan peserta didik yang cukup baik. Adapun faktor penghambatnya yaitu
rendahnya kemampuan IT dari guru, sarpras yang masih kurang dan juga strategi
ataupun metode mengajar guru. Namun dengan adanya model klinis supervisi
akademik sudah cukup signifikan yaitu kinerja profesional guru juga dapat dilihat
dari penyelesaian administrasi yang cukup baik dan kedisiplinan guru meningkat,
peningkatan kinerja guru berimbas kepada peningkatan nilai, perilaku dan prestasi
siswa.

Kata Kunci: Implementasi Model Klinis dalam Supervisi Akademik Kepala
Madrasah, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Atim Rinawati, M.Pd. Pembimbing II : Imam Subarkah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Model Klinis dalam Supervisi Akademik Kepala Madrasah, Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2022 03:58
Last Modified: 19 Nov 2022 04:58
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item
View Item