DZULFIKRI YAHYA, NIM. 17116319 (2021) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs AL ISLAH DOROWATI KLIRONG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB 1.pdf - Published Version
Download (229kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (310kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (195kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB)
Abstract
Dzulfikri Yahya 17116319. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Active
Learning dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Al Islah
Dorowati Klirong Kebumen Tahun Pelajaran 2020/2021
Penelitian ini didasari dengan kurangnya kesadaran siswa dalam
pembelajaran Akidah Akhlak guna mencapai tujuan pembelajaran yang
diinginkan. Pembelajaran active learning masih jarang digunakan dan kurangnya
pembekalan bagi guru dalam pembelajaran. Penelitian ini juga untuk mengetahui
pendekatan pembelajaran active learning yang diterapkan di MTs Al Islah
Dorowati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif atau penelitian lapangan,
dimana datanya dicari melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa ada beberapa poin
terkait implementasi pendekatan pembelajaran active learning dalam mata
pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al Islah Dorowati Klirong Kebumen khususnya
kelas VIII tahun pelajaran 2020/2021 baik dari implementasi pembelajarannya di
ruang kelas, sistem penggunaan active learning dan metode yang digunakan.
Adapun pendekatan pembelajaran active learning yang dilaksanakan di
MTs Al Islah Dorowati adalah untuk memberikan kemudahan peserta didik dalam
mengikuti dan memahami materi pembelajaran yang di sampaikan oleh seorang
guru dan menerapkan dalam kehidupan, sehingga tujuan pembelajaran dapat
terwujud. Hal ini dibuktikan dalam pelaksanaan pendekatan pembelajaran active
learning dalam pemeblajaran Akidah Akhlak di MTs Al Islah Dorowati dengan
metode active learning yaitu: a) Diskusi kelompok dengan metode coparatife
script, b) Presentasi. Dengan pelaksanaan pendekatan pembelajaran active
learning ini peserta didik dapat aktif dalam mengikuti pembelajaran dan mudah
dalam menangkap materi yang di sampaikan oleh guru.
Kata Kunci: Implementasi Active Learning, Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Implementasi Active Learning, Pembelajaran. |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 07:51 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 07:51 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/383 |