Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Materi Alat Pernapasan Manusia dan Hewan melalui Model Pembelajaran Window shopping di Kelas V MI Giwangretno Tahun Ajaran 2021/2022.

Dwi Ratnaningsih, NIM.1812852 (2022) Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Materi Alat Pernapasan Manusia dan Hewan melalui Model Pembelajaran Window shopping di Kelas V MI Giwangretno Tahun Ajaran 2021/2022. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (542kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (125kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (183kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (272kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB)

Abstract

ABSTRAK
Dwi Ratnaningsih. 1812852. Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Materi Alat
Pernapasan Manusia dan Hewan melalui Model Pembelajaran Window shopping di
Kelas V MI Giwangretno Tahun Ajaran 2021/2022.
Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah penggunaan
model pembelajaran, misalnya dalam pembelajaran IPA. Proses pembelajaran IPA
harus dirancang sesuai dengan kebutuhan, karakter dan kemampuan siswa. Oleh
karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan
dan diharapkan mampu mengembangkan berbagai kemampuan siswa sehingga
memperoleh hasil belajar yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk
mendeskripsikan penerapan model pembelajaran window shopping dalam
meningkatkan hasil belajar pada materi alat pernapasan manusia dan hewan kelas V
di MI Giwangretno tahun ajaran 2021/2022; (2) untuk meningkatkan hasil belajar
melalui model pembelajaran window shopping pada materi alat pernapasan manusia
dan hewan kelas V di MI Giwangretno tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Siswa yang diteliti adalah siswa kelas V MI Giwangretno yang berjumlah 26 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang
dikumpulkan berupa data pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model
pembelajaran window shopping dan hasil belajar yang meliputi hasil belajar pada
ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Analisis data yang digunakan adalah
analisis data kuantitatif dan kualitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model
pembelajaran window shopping pada pembelajaran IPA materi alat pernapasan
manusia dan hewan sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan prosedur; (2)
penerapan model pembelajaran window shopping secara umum dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan hasil: (a)
nilai rata-rata kelas yang sebelumnya 69,03 meningkat menjadi 73,37 pada siklus I,
dan pada siklus II menjadi 86,26 ; (b) siswa yang mencapai KKM meningkat yang
pada kondisi awal 53,85% menjadi 69,23% pada siklus I, dan pada siklus II menjadi
92,31%; (c) hasil belajar pada ranah afektif meningkat yaitu sebelum tindakan
terdapat 9 siswa dalam kategori baik, pada siklus I menjadi 14 siswa, dan pada siklus
II menjadi 20 siswa yang termasuk dalam kategori baik; (d) hasil belajar pada ranah
psikomotorik meningkat yaitu pada siklus I terdapat 16 siswa dan pada siklus II
terdapat 26 siswa yang mampu membuat hasil karya yang dipajang dengan hasil yang
kreatif, menarik, dan selesai tepat waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Window Shopping
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:10
Last Modified: 18 Jul 2022 08:10
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item
View Item