KOMPETENSI GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI MIN 3 PURWOREJO

IRA PARAMITHA MUHTAROM PUTRI, NIM.1612764 (2020) KOMPETENSI GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI MIN 3 PURWOREJO. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of 1. JUDUL.pdf] Text
1. JUDUL.pdf - Published Version

Download (261kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (715kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (245kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Published Version

Download (913kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB)
[thumbnail of 4. Daftar Pustaka.pdf] Text
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK
Paramitha M. P, Ira. 1612764. Kompetensi Guru Dalam Perencanaan
Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Purworejo. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah,
Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen. Pembimbing: Nur
Hidayah, M. Pd. dan Agus Nur Sholeh, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam
perencanaan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Purworejo.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian
ini adalah guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Purworejo yang berjumlah
6 orang. Obyek penelitian ini adalah kompetensi guru dalam perencanaan
pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis
secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menujukkan bahwa guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri
3 Purworejo pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 telah menyusun
program perencanaan pembelajaran. Program perencanaan yang telah disusun
oleh guru yaitu: kalender pendidikan, rencana minggu efektif, program tahunan,
program semester, silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Kalender pendidikan disusun oleh guru dan kepala sekolah. Guru menghitung
minggu efektif dan hari efektif dari kalender pendidikan yang telah disusun.
Program tahunan dan program semester disusun oleh guru berpedoman pada
rencana minggu efektif. Guru menyusun silabus berpedoman pada kurikulum
yang berlaku di madrasah. Guru kelas menyusun RPP berpedoman pada silabus
dan program semester. RPP yang disusun terdiri dari identitas, tujuan
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, lampiran penilaian, remedial dan
pengayaan, sumber dan media.
Kata kunci : Kompetensi guru, perencanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru, perencanaan pembelajaran
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:22
Last Modified: 16 Jun 2022 08:22
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item
View Item