IRA PARAMITHA MUHTAROM PUTRI, NIM.1612764 (2020) KOMPETENSI GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI MIN 3 PURWOREJO. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. JUDUL.pdf - Published Version
Download (261kB)
BAB I.pdf - Published Version
Download (323kB)
BAB II.pdf - Published Version
Download (715kB)
BAB III.pdf - Published Version
Download (245kB)
BAB IV.pdf - Published Version
Download (913kB)
BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (141kB)
Abstract
ABSTRAK
Paramitha M. P, Ira. 1612764. Kompetensi Guru Dalam Perencanaan
Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Purworejo. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah,
Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen. Pembimbing: Nur
Hidayah, M. Pd. dan Agus Nur Sholeh, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam
perencanaan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Purworejo.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian
ini adalah guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Purworejo yang berjumlah
6 orang. Obyek penelitian ini adalah kompetensi guru dalam perencanaan
pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis
secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menujukkan bahwa guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri
3 Purworejo pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 telah menyusun
program perencanaan pembelajaran. Program perencanaan yang telah disusun
oleh guru yaitu: kalender pendidikan, rencana minggu efektif, program tahunan,
program semester, silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Kalender pendidikan disusun oleh guru dan kepala sekolah. Guru menghitung
minggu efektif dan hari efektif dari kalender pendidikan yang telah disusun.
Program tahunan dan program semester disusun oleh guru berpedoman pada
rencana minggu efektif. Guru menyusun silabus berpedoman pada kurikulum
yang berlaku di madrasah. Guru kelas menyusun RPP berpedoman pada silabus
dan program semester. RPP yang disusun terdiri dari identitas, tujuan
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, lampiran penilaian, remedial dan
pengayaan, sumber dan media.
Kata kunci : Kompetensi guru, perencanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi guru, perencanaan pembelajaran |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 08:22 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 08:22 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/364 |