KINERJA GURU KELAS PASCA SERTIFIKASI DI MI SULTAN AGUNG PENIRON PEJAGOAN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

: ALI MAHMUDIN, 16115919 (2020) KINERJA GURU KELAS PASCA SERTIFIKASI DI MI SULTAN AGUNG PENIRON PEJAGOAN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
COVER pdf.pdf - Published Version

Download (771kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
BAB I- pasca munaqosah.pdf - Published Version

Download (251kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
BAB II- pasca muna.pdf - Published Version

Download (276kB)

Abstract

ABSTRAK
Ali Mahmudin. 16115919. Kinerja Guru Kelas Pasca Sertifikasi Di MI Sultan
Agung Peniron Pejagoan Kebumen Tahun Pelajaran 2019/2020.
Tujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui Kinerja guru pasca sertifikasi
dalam mengolah pembelajaran di MI Sultan Agung Peniron pejagoan kebumen
tahun ajaran 2019/2020. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta
solusi adanya kinerja guru di MI Sultan Agung Peniron Pejagoan Kebumen tahun
pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini berupa penelitian lapangan (feel research). Subjek yang
diteliti yaitu kinerja guru yang sudah sertifikasi dan kepala madrasah sejumlah 5
guru termasuk kepala madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah
metode kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa data penelitian yaitu
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data dan penarikan simpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kinerja Guru
PAI yang sudah Sertifikasi di MI Sultan Agung Peniron sudah baik, sesuai dengan
tugas pokok dan fungsi guru yaitu menyusun administrasi guru, hadir tepat waktu,
tetap disiplin mengajar di masa pandemic covid-19 dengan membentuk kelompok
belajar dan mengadakan kunjungan belajar (home visit), aktif mendampingi dalam
berbagai acara kegiatan sekolah, serta disiplin mengadakan pertemuan dengan
wali siswa untuk mengetahui perkembangan pendidikan dan psikologi peserta
didik. (2) faktor pendukung bagi guru yang sertifikasi yaitu adanya kesadaran diri
dalam melaksanakan tugas guru, adanya perhatian pemerintah terhadap
pengembangan kompetensi guru melaui program sertifikasi, adanya tuntutan
aturan dari pemerintah dan sekolah. (3) faktor penghambat bagi guru yang
sertifikasi yaitu kurangnya kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran,
kurangnya keahlian guru dalam bidang IT (komputer), kurangnya antusias dan
tanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran. (4) solusi dari adanya
penghambat tersebut yaitu diadakan rapat anggota guru dan wali peserta didik
untuk mengevaluasi jalannya pendidikan di MI Sultan Agung Peniron demi
kemajuan pendidikan.
Kata Kunci : Kinerja Guru dan Faktor Pendukung/Penghambat

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru dan Faktor Pendukung/Penghambat.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2021 02:39
Last Modified: 13 Sep 2021 02:39
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item
View Item