KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID

Muhyidin, NIM.2135135 and Syifa Hamama, S.I.Kom, M.Si, NIDN.2116028603 (2019) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
BAGIAN AWAL.pdf - Published Version

Download (720kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (370kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (390kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB III] Text (Skripsi PAI BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (376kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar Pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK
Muhyidin (2135135): Konsep Pendidikan Islam Perspektif Abdurrahman Wahid
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konseppendidikan Islam
perspektif Abdurrahman Wahid.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan library
research yaitu lebih menitikberatkan pada pengumpulan data dari berbagai
sumber yang relevan. Dalam hal ini mencakup buku-buku, jurnal dan hasil
penelitian yang terkait dengan judul karya ilmiah ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Gus Dur tujuan pendidikan
Islam adalah proses menjadikan manusia sebagai insan kamil dan menjadikan
manusia memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap sesama manusia dan alam. Ada
tiga tujuan pendidikan Islam menurut Gus Dur yaitu pendidikan Islam berbasis
modernisme, pendidikan Islam berbasis pembebasan dan pendidikan Islam
berbasis kebhinekaan.
Terkait kurikulum, Gus Dur melihat bahwa pesantren dinilai ideal sebagai
kurikulum pendidikan Islam karena pesantren memiliki nilai-nilai mandiri yang
sudah ada sejak di Indonesia dan pesantren dapat dikatakan sub-kultur karena
memiliki ciri khas yang menjadikannya sebagai salah satu identitas
pendidikan Islam. Adapun metode pendidikan Islam menurutnya ada tiga,
yaitu metode Qishah,metode Ta’lim al-Kitab dan metode Ibrah atau Mauizah.
Terakhir, strategi pendidikan Islam menurut Gus Dur ada tiga yaitu strategi sosial�politik, strategi kebudayaan dan strategi sosial-kebudayaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gus Dur, Pendidikan Islam
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:13
Last Modified: 05 Apr 2022 04:13
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item
View Item