Ahmad Muktafin, NIM.15115689 and Drs. H. M. Sholeh, M.P.d.I, NIDN 2115035602 (2019) PERAN PONDOK PESANTREN AL-KAHFI SOMALANGU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI KEPADA SANTRI. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I .pdf - Published Version
Download (159kB)
3. BAB II .pdf - Published Version
Download (200kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (112kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB)
Abstract
ABSTRAK
Ahmad Muktafin. 15115689. Peran Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu Dalam
Menanamkan Pendidikan Toleransi Kepada Para Santri.
Tujuan Penelitian adalah: (1) Berdasarkan pokok permasalahan yang telah
dikemukakan di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk:
(1) Mengetahui bagaimana peran Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu dalam
menanamkan nilai-nilai toleransi kepada santri, (2) Mengetahui hambatan pondok
pesantren Al-Kahfi Somalangu dalam menanamkan nilai-nilai toleransi kepada santri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang
digunakan dalam peneltian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, peran Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu dalam
menanamkan nilai-nilai toleransi kepada santri diantaranya yaitu: (1) Pembiasaan Rutin
Kegiatan Pondok Pesantren seperti kegiatan harian, kegiatan mingguan (pengajian
bandungan, Mujahadah hizib syeikh Abdul Kahfi Awwal, Pembacaan Maulid Nabi ,
Mujahadah shalawat Nariyah dan Shalawat Munziyat, Khitobah, Ro’an atau Kerja bakti,
Rapat Kepengurusan, Kegiatan ziarah kubur dan Kegiatan bulanan (Pengajian Ahad
Wage, Rutinan Malam Rabu Pon, Rapat bersama malam Ahad Wage), serta Kegiatan
Tahunan (Al-Kahfi Intercultural Fair, Khoul Pendiri Pesantren. (2) Keteladanan kiyai, (3)
Keteladanan Para Pengurus/ Ustadz Pengajar, (4) Melalui Program Pembelajaran, (5)
Melalui Rapat Kepengurusan. Sedangkan Kendala yang dihadapi yaitu: (1) Lemahnya
kurikulum dalam dunia pesantren, (2) Masih ada santri yang kurang adaptif dan
cenderung rasis, (3) Kurangnya kekompakan antar pengurus, (4) Wali Santri yang tidak
memahami peraturan-peraturan Pondok, dan (5) Lingkungan masyarakat yang apatis.
Kata Kunci : Peran Pondok Pesantren, Nilai Nilai Tolerans
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Pondok Pesantren, Nilai Nilai Toleransi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 03:38 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 03:38 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/340 |