Rina Wijayanti, NIM.17116303 and Benny Kurniawan, M.Pd.I, NIDN.2110068702 (2021) UPAYA GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI PENUSUPAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (658kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (196kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (281kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (210kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (235kB)
Abstract
ABSTRAK
Rina Wijiyanti. 17116303. Upaya Guru PAI dalam Menumbuhkan Motivasi
Belajar Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Penusupan Tahun Pelajaran 2020/2021
pada Masa Pandemi Covid-19.
Tujuan penelitian adalah: (1) mengetahui upaya guru PAI dalam
menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Penusupan
tahun pelajaran 2020/2021 pada masa pandemi Covid-19; (2) mengetahui
perkembangan motivasi belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Penusupan
tahun pelajaran 2020/2021 pada masa pandemi Covid-19; (3) mengetahui faktor
pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik
kelas VI SD Negeri Penusupan tahun pelajaran 2020/2021 pada masa pandemi
Covid-19. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian
data, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru PAI dalam
menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Penusupan
tahun pelajaran 2020/2021 pada masa pandemi Covid-19, yaitu: (1) menggunakan
media pembelajaran daring yang tepat dan bervariasi; (2) membentuk kelompok
belajar; (3) melakukan guru kunjung; dan (4) memberi reward. Perkembangan
motivasi belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Penusupan tahun pelajaran
2020/2021 pada masa pandemi Covid-19 yaitu: peserta didik kelas VI menjadi
lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran PAI, baik dalam kelompok belajar,
guru kunjung, maupun daring. Faktor pendukung dan penghambat dalam
menumbuhkan motivasi belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Penusupan
tahun pelajaran 2020/2021 pada masa pandemi Covid-19 yaitu: (1) faktor
pendukung: (a) adanya izin orang tua untuk belajar kelompok dan guru kunjung;
(b) potensi guru yang memadai; (c) tersedianya handphone android, kuota, dan
jaringan internet yang memadai; (d) kemampuan peserta didik dan orang tua
mengoperasikan handphone android; sedangkan (2) faktor penghambat: (a)
beberapa wali peserta didik mengeluhkan pengeluaran kuota internet; (b) sering
terjadi penyalahgunaan handphone untuk bermain game; (c) tidak semua wali
peserta didik dapat mendampingi belajar daring dan; (d) rendahnya kompetisi
antar peserta didik.
Kata Kunci: Upaya, PAI, Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Upaya, PAI, Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 06 Mar 2022 06:44 |
Last Modified: | 06 Mar 2022 06:44 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/326 |