: Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara Dalam Buku Bagian Pertama Pendidikan. Kebumen: Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen, 2021.

Nur Ati Lailatul Karimah, NIM.1712802 and Faisal, S.Ag. M.Ag, NIDN.. 2113027001 (2021) : Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara Dalam Buku Bagian Pertama Pendidikan. Kebumen: Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen, 2021. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (976kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (524kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (490kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB III] Text (Skripsi PAI BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (193kB)
[thumbnail of Skripsi PAI daftar Pustaka] Text (Skripsi PAI daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Ati Lailatul Karimah: Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki
Hajar Dewantara Dalam Buku Bagian Pertama Pendidikan. Kebumen:
Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen, 2021.
Skripsi ini membahas tentang: Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ki
Hajar Dewantara Dalam Buku Bagian Pertama Pendidikan. Adapun tujuan
dari skripsi ini yaitu untuk mengetahui tentang (1) Bagaimana konsep
pendidikan karakter dalam buku bagian pertama karya Ki Hajar Dewantara?
(2) Bagaimana relevansi konsep pendidikan karakter menurut Ki Hajar
Dewantara dalam buku bagian pertama pendidikan dengan pendidikan saat
ini?
Dengan Tujuan tersebut penulis ingin menyatakan bahwa, sebenarnya di
dalam pendidikan karakter menurut Ki Hajar Dewantara terdapat nilai-nilai
karakter yang terimplementasi pada sistem among.
Penelitian ini dikaji dengan studi keputakaan (Library Research) yang di
peroleh dari pemikiran Ki Hajar Dewantara pada buku Bagian Pertama
Pendidikan. Semua data penelitian yang telah di hasilkan , kemudian
dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendidikan
Karakter di dukung oleh tiga unsur yaitu keluarga, masyarakat dan sekolah.
Ketiga unsur ini dapat membangun pendidikan karakter yang terdidik. (2)
Dalam relefansi pendidikan karakter saat ini, sebagaimana dijelaskan dalam
peraturan presiden dan Kemendiknas dapat disimpulkan bahwa pendidikan
karakter telah menjadi kesatuan yang terdapat pada setiap jenjang pendidikan
yang terdapat di Indonesia.
Dari Acuan Tersebut sangat relevan konsep pendidikan karakter menurut
Ki Hajar Dewantara dengan peraturan yang ada pada saat ini dan beracuan
pada dasar negara yakni Pancasila dengan merealisasikan pendidikan
karakter untuk di terpkan.
Kata Kunci: Pendidikan, karakter, pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, karakter, pendidikan karakter
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2022 04:27
Last Modified: 06 Mar 2022 04:27
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item
View Item