Aimatul Kiromah, NIM.17116286 and Dr. Eliyanto, NIDN.2108058801 (2021) PERANAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MOTIVASI BELAJAR DARING SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SEBORO. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (619kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (167kB)
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Download (303kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (181kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (27kB)
Abstract
ABSTRAK
Aimatul Kiromah. 17116286. Peranan Orang Tua dan Guru dalam
Memotivasi Belajar Daring Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di Sekolah Dasar 1 Seboro.
Latar belakang penelitian ini dengan adanya kebijakan pemerintah
tentang sekolah daring karena dampak pandemi Covid-19. Kebijakan dari
pemberintah mengenai pembelajarn daring timbul masalah guru, orang tua
dan siswa, ini menjadi pengalaman pertama bagi mereka. Belajar daring
membuat siswa jenuh. Sebagian besar tinggal di pedesaan yang sulit
koneksi internet. Hal ini menguatkan kembali peranan guru dan orang tua
dalam memotivasi belajar daring siswa pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam.
Tujuan Penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui peranan orang tua
dan guru dalam memotivasi belajar daring siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam kelas V. (2) Untuk mengetahui kendala yang
dialami dari peranan orang tua dan guru dalam memotivasi belajar daring
siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V.
Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
desain penelitian dekriptif. Data yang diperoleh dengan menggunakan
obervasi, wawancara dan dokumentasi dengan objek penelitian guru
pendidikan agama Islam dan Orang Tua dari Kelas V.
Penelitian ini menemukan beberapa hal diantaranya peranan orang
tua dan guru dalam memotivasi belajar daring siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam kelas V yaitu orang tua berperanan sebagai
fasilitator dengan menyediakan gadget dan kuota internet, sebagai
motivator dengan memotivasi intrinsik dengan memberikan nasihat dan
peringatan kemudian pembimbing, orang tua sebagaian ada yang
membimbing secara langsung ada juga melalui perantara orang lain.
Kendala dari peranan orang tua dan guru dalam memotivasi belajar daring
siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam kelas V diantaranya;
jaringan internet yang tidak stabil, anak malas, dan pengetahuan orang tua.
Kata kunci : Peranan Orang Tua dan Guru, Motivasi Belajar Daring
Siswa, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Orang Tua dan Guru, Motivasi Belajar Daring |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 06 Mar 2022 03:12 |
Last Modified: | 06 Mar 2022 03:12 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/323 |