Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Madrasah Inklusif Di MI Ma’arif Kemangguan Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Pembelajaran untuk Anak Berkebutuhan Khusus (student with special needs

Irma Lestari, NIM.16115826 and Umi Arifah, S.Pd.I.,M.M, NIDN.2114088703 (2020) Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Madrasah Inklusif Di MI Ma’arif Kemangguan Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Pembelajaran untuk Anak Berkebutuhan Khusus (student with special needs. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of skripsi PAI Cover] Text (skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (819kB)
[thumbnail of skripsi PAI BAB I] Text (skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (303kB)
[thumbnail of skripsi PAI BAB II] Text (skripsi PAI BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (452kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB III] Text (Skripsi PAI BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (171kB)
[thumbnail of Skripsi PAI Daftar pustaka] Text (Skripsi PAI Daftar pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK
Irma Lestari .16115826. Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Pada
Madrasah Inklusif Di MI Ma’arif Kemangguan Kecamatan Alian Kabupaten
Kebumen. Pembelajaran untuk Anak Berkebutuhan Khusus (student with special
needs) membutuhkan suatu strategi tersendiri sesuai dengan kebutuhan masing–
masing. Pembelajaran terhadap peserta didik berkebutuhan khusus yang di
persiapkan oleh guru di madrasah, ditujukan agar peserta didik mampu
berinteraksi terhadap lingkungan sosial. Pembelajaran tersebut disusun secara
khusus melalui penggalian kemampuan diri peserta didik yang didasarkan pada
kurikulum berbasis kompetensi.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana
pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada madrasah inklusif di Mi
Maarif Kemangguan Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen (2) Apa saja faktor
pendukung dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran Anak
Berkebutuhan Khusus (ABK) pada madrasah inklusif di Mi Maarif Kemangguan
Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif deskriptif yang mengambil lokasi di MI Ma’arif Kemangguan
Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengadakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan
dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemebelajaran Bagi Anak
Berkebutuhan Khusus Pada Madrasah Inklusif Di MI Ma’arif Kemangguan
Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen dengan menyatukan peserta didik normal
dengan peserta didik berkebutuhan khusus (kelas penuh)di bawah pengawasan
guru kelas atau guru mata pelajaran dan guru pendamping khusus. (2) Faktor
pendukung pembelajaran adalah sarana dan prasarana yang cukup memadai,
adanya dukungan dari Direktorat PLB , guru membuat program khusus, orang
tua/wali peserta didik ABK membawa guru pendamping khusus sendiri, dan
memperoleh bantuan dana dari berbagai pihak. Faktor penghambat proses
pembelajarannya yaitu adanya wabah covid-19 sehingga menjadi semua prose
pembelajarannya di lakukan secara online dan juga secara gurling (guru keliling)
ke setiap rumah siswa.
Kata Kunci: Pendidikan Inklusi, Proses Pembelajaran, Peserta Didik ABK

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Pendidikan Inklusi, Proses Pembelajaran, Peserta Didik ABK
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:05
Last Modified: 25 Jan 2022 04:05
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item
View Item