PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, EMPLOYEE ENGAGEMENT DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DALAM PENINGKATAN KUALITAS KINERJA GURU (Studi Analisis Pada Guru SD Negeri 2 Wonorejo)

DHEA NOVITA ANGGRAENI, NIM.1910634 and Dr. Imam Satibi, M.Pd.I, NIDN.2123027201 (2021) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, EMPLOYEE ENGAGEMENT DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DALAM PENINGKATAN KUALITAS KINERJA GURU (Studi Analisis Pada Guru SD Negeri 2 Wonorejo). Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
tesis BAB I_III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
tesis BAB V.pdf - Published Version

Download (600kB)

Abstract

ABSTRAK
Dhea Novita Anggraeni, Nomor Induk Mahasiswa: 1910634. Pengaruh Supervisi Akademik, Employee Engagement dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dalam Peningkatan Kualitas Kinerja Guru (Studi Analisis pada SD Negeri 2 Wonorejo), Tesis, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen, 2021
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai fenomena yang ditemukan oleh peneliti berdasarkan pra-riset yang telah dilaksanakan sebelum penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah, employee engagement dan organizational citizenship behavior (OCB) terhadap kinerja guru.
Penelitian termasuk penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini kegiatan supervisi akademik, employee engagement dan organizational citizenship behavior (OCB) dianggap sebagai variabel bebas (X) dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikatnya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan teknik sampel jenuh atau total. Penelitian ini sampel yang digunakan adalah semua guru SD Negeri 2 Wonorejo yang berjumlah 8 responden. Data didapatkan dengan menggunakan kuesioner dan kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Variabel supervisi akademik diperoleh nilai t hitung sebesar -1,666 < t tabel 2,446 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,171 > 0,05 maka dapat simpulkan bahwa variabel supervisi akademik tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dan H0 diterima serta H1 ditolak. Variabel employee engagement diperoleh nilai t hitung sebesar 1,821 < t tabel 2,446 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,143 > 0,05 maka dapat simpulkan bahwa variabel employee engagement tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dan H0 diterima serta H2 ditolak. Sedangkan variabel organizational citizenship behavior diperoleh nilai t hitung sebesar 4,991 > t tabel 2,446 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,008 < 0,05 maka dapat simpulkan bahwa variabel organizational citizenship behavior memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dan H0 ditolak serta H3 diterima. Nilai Fhitung sebesar 13,235 dengan signifikansi sebesar 0,015 sedangkan alpha = 0,05 karena angka signifikansi lebih kecil dari 0,05 berarti supervisi akademik, employee engagement dan organizational citizenship behavior bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SD Negeri 2 Wonorejo. Untuk nilai R Square adalah 0,908 sedangkan Adjusted R Square sebesar 0,840. Hal ini berarti 0,840 atau 84 % variasi dari kinerja guru bisa dijelaskan oleh variasi dari ketiga variabel independent yaitu supervisi akademik, employee engagement dan organizational citizenship behavior, sedangkan 16 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Supervisi Akademik, Employee Engagement, Organizational Citizenship Behavior (OCB), Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Employee Engagement, Organizational Citizenship Behavior (OCB), Kinerja Guru
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:34
Last Modified: 19 Jan 2022 07:34
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item
View Item