MANAJEMEN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT KEPADA PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL-KAHFI SOMALANGU KEBUMEN

RAKHMAN KHAKIM, NIM: 1610291 and Dr. Sulis Rahmawanto, M.S.I, NIDN.2131038501 (2021) MANAJEMEN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT KEPADA PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL-KAHFI SOMALANGU KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover] Text (Tesis Cover)
TESIS HALAMAN PENGESAHAN s d DAFTAR ISI-RAKHMAN KHAKIM (2).pdf - Published Version

Download (433kB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
BAB I -III pdf.pdf - Published Version

Download (828kB)

Abstract

ABSTRAK
Rakhman Khakim, NIM: 1610291, Manajemen Pemberian Reward
dan Punishment Kepada Peserta Didik di Smp Islam Al-Kahfi Somalangu
Kebumen, Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2021.
Masalah pemberian reward dan punishment telah menjadi polemik lama
dalam lembaga pendidikan, dalam hal ini SMP Islam AL-Kahfi Somalangu
Kebumen, khususnya bagi para guru dan pendidik. Pengelola sekolah sudah
seringkali sharing tentang masalah ini, bagaimana standarisasi pemberian reward
dan punishment kepada peserta didik. Namun dalam realita aplikasinya selalu
menjumpai kendala-kendala yang menyebabkan tidak maksimalnya proses
pendidikan. Hal inilah yang melatarbelakangi penulisan penelitian ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana manajemen
pemberian reward dan punishment kepada peserta didik di SMP Islam al-Kahfi
Somalangu Kebumen? 2)Bagaimana dampak diterapkannya manajemen
pemberian reward dan punishment bagi peserta didik di SMP Islam al-Kahfi
Somalangu Kebumen?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif karena berupa realitas
kehidupan secara menyeluruh dan merupakan setting alami yang tidak dapat
dipahami secara terpisah.
Tujuan Penelitian ini adalah Untuk memahami dan menganalisis secara
mendalam manajemen pemberian reward dan punishment kepada peserta didik di
SMP Islam al-Kahfi Somalangu Kebumen. Dan untuk memahami dan
menganalisis secara mendalam dampak diterapkannya reward dan punishment
bagi peserta didik di SMP Islam al-Kahfi Somalangu Kebumen.
Hasil penelitian ini: 1. bentuk manajemen pemberian reward dan terhadap
Peserta didik di SMP Islam Al-Kahfi Somalangu yaitu komunikasi non-verbal,
seperti pujian, imbalan materi, hadiah dan bentuk pengakuan, seperti dedikasi
kepada peserta didik lain tentang peserta didik yang mendapat pengakuan lebih
baik sebagai uswah untuk lainnya. 2. Adapun Bentuk Punishment terhadap peserta
didik di SMP Islam Al-Kahfi Somalangu Kebumen dapat diketahui melalui
wawancara dan observasi dokumen di SMP Islam Al-Kahfi Somalangu
Kebumen. Beberapa bentuk punishment tersebut adalah sebagai berikut: 1)
Peringatan dengan pemberian nasihat dan bimbingan disesuaikan tingkat
kesalahannya 2) Wajah masam 3) Teguran keras 4) Memberikan tugas tambahan
5) Membersihkan ruangan. Selain itu, secara tertulis pengelola SMP Islam Al�Kahfi Somalangu Kebumen juga menuntut para peserta didik untuk mematuhi
segala peraturan tata tertib yang ada, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis.
3. Pemberian reward and punishment juga berdampak pada motivasi belajar siswa
, kedisiplinan dan ketertiban, dan semangat para guru semakin motivatif dan
konsisten dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.
Kata Kunci: manajemen, reward dan punishment

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: manajemen, reward dan punishment
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:59
Last Modified: 19 Jan 2022 06:59
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item
View Item