IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI POSITIF DI SMP NEGERI 21 PURWOREJO

Muhammad Arif Mufidul Chikam, NIM.1910549 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI POSITIF DI SMP NEGERI 21 PURWOREJO. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
BAB I-III pdf.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis Cover] Text (Tesis Cover)
01. COVER - DAFTAR ISI TESis pdf.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
M. ARIF MUFIDUL bab 5 - pdf.pdf - Published Version

Download (498kB)

Abstract

ABSTRAK

Muhammad Arif Mufidul Chikam, NIM : 1910549. Implementasi Manajemen Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Sikap Toleransi Positif di SMP Negeri 21 Purworejo, Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2021

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keberagaman di lingkungan SMP Negeri 21 Purworejo dimana mayoritas warga sekolah beragama islam namun tidak membatasi dalam memberikan layanan pendidikan bagi semua siswa-siswi baik yang muslim maupun non muslim yang berbeda suku, budaya dan pola pikir. Selain itu, terdapat Guru yang muslim dan non muslim. Apabila keberagaman tersebut tidak dikelola dengan bijak dikhawatirkan dapat menimbulkan konflik. Rumusan masalah yang pertama yaitu Perencanaan berbasis Multikultural, Pengorganisasian berbasis Multikultural, Kepemimpinan berbasis Multikultural, Pengawasan berbasis Multikultural.
Metode penelitian kami menggunakan Data Reduction, Data Display dan Conclusion Drawing dan Verification dan validasi datadengan Triangulasi sumber data. Metode pengumpulan data yaitu dengan Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Adapun Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan menjelaskan, menganalisa, dan mengeksplorasi Perencanaan berbasis Multikultural, Pengorganisasian berbasis Multikultural, Kepemimpinan berbasis Multikultural, Pengawasan berbasis Multikultural.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan berbasis Multikultural dilakukan dengan mengakomodir aspirasi dari bawah (buttom up) baik dari Guru maupun Karyawan Sekolah, Pengorganisasian berwawasan Multikultural melalui koordinasi dan aktivitas yang memadukan fungsi-fungsi di dalam organisasi, mendelegasikan, menyusun tugas-tugas serta adanya struktur organisasi unit-unit kerja kepada berbagai unsur tanpa diskriminasi, Kepemimpinan berbasis Multikultural pada SMP Negeri 21 Purworejo mencakup implementasi penerimaan siswa baru, penyusunan kelas, perekrutan Guru dan penyusunan tugas Guru dilakukan sesuai SOP (Standar Operational Prosedur) dan Anjab (Analisis Jabatan), berlandaskan amanat Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No: 20 Tahun 2003 bab V pasal 12, ayat (1) a: Setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pendidik yang seagama. Peraturan yang dibuat tidak mendiskriminasi siswa. Siswi non Muslim tidak dituntut memakai Hijab. Perayaan hari besar keagamaan non muslim diperbolehkan di luar sekolah dengan dikoordinir oleh Pendeta/guru yang bersangkutan, dan difasilitasi oleh sekolah, Pengawasan dilakukan sesuai Standar Operational Prosedur, melalui berbagai sumber pengawasan, mengawasi segala aktivitas akademik dan non akademik.

Kata kunci :Manajemen, Multikultural

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Multikultural
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:34
Last Modified: 19 Jan 2022 02:34
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item
View Item