MANAJEMEN STRATEJIK PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN MODEREN DARUSSALAM KLUMPRIT NUSAWUNGU CILACAP

SAMIRAN, NIM. 1910619 and Dr. Imam Satibi, M.Pd.I, NIDN.2123027201 (2021) MANAJEMEN STRATEJIK PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN MODEREN DARUSSALAM KLUMPRIT NUSAWUNGU CILACAP. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
Tesis BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
Samiran bab 5 pdf.pdf - Published Version

Download (386kB)

Abstract

ABSTRAK
Samiran, NIM: 1910619. Manajemen StratejikPengembangan Pondok Pesantren Moderen Darussalam Klumprit Nusawungu Cilacap, Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2021

Pesantren memiliki peranan sangat penting sebagai lembaga pendidikan Islam dalam membentuk manusia yang beriman, bertakwa, berilmu dan berakhlak mulia, sehingga pesantren harus dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya. Pondok Pesantren Darussalam Klumprit memiliki komitmen yang tinggu dalam mengembangkan dirinya menjadi pesantren yang maju, moderen dan berkualitas. Rumusan masalah penelitian ini adalah, pertama bagaimana formulasi strategi pengembangan Pondok Pesantren Darussalam Klumprit Nusawungu Cilacap, kedua bagaimana implementasi strategi pengembangan Pondok Pesantren Darussalam Klumprit Nusawungu Cilacap, dan ketiga bagaimana evaluasi strategi pengembangan Pondok Pesantren Darussalam Klumprit Nusawungu Cilacap.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena menghasilkan data kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskripsi dengan model analisis interaksi Miles dan Huberman dengan alur meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini disimpulkan, pertama formulasi stretegi pengembangan Pondok Pesantren Darussalam Klumprit dilakukan dengan menetapkan visi, misi dan tujuan pesantren, analisis kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman eksternal, menetapkan anggaran dan menetapkan stretegi alternatif, kedua implementasi strategi dilakukan dengan melaksanakan strategi yang telah ditetapkan dalam kegiatan-kegiatan pengembangan pesantren, ketiga evaluasi strategi dilakukan dengan kegiatan pengawasan, pengecekan, penilaian, koreksi dan pengukuran kinerja terhadap kegiatan implemenatsi strategi untuk memastikan implementasi strategi berjalan dengan baik. Evaluasi terhadap hasil belajar santri dilakukan dengan menguji penguasaan santri terhadap materi/kitab yang dikaji secara langsung pada saat proses pembelajaran, setelah beberapa materi dikaji dan setelah seluruh materi pada satu kitab tertentu dikaji. Berdasarkan hasil eveluasi ditetapkan langkah tindak lanjut.

Kata Kunci: Manajemen Stratejik, Pengembangan Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Stratejik, Pengembangan Pondok Pesantren
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:01
Last Modified: 18 Jan 2022 03:01
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item
View Item