STRATEGI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 SRATI

Farhah Luthfia Syarifah, NIM 190577 and Dr. Imam Satibi, M.Pd.I, NIDN.2123027201 (2021) STRATEGI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 SRATI. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
tesis BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (414kB)

Abstract

ABSTRAK
Farhah Luthfia Syarifah, Nomor Induk Mahasiswa: 1910577. Strategi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Srati, Tesis, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen, 2021
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tuntutan masyarakat semakin meningkat, kepala sekolah berada di garda terdepan dalam mengkoordinasikan upaya peningkatan kualitas pembelajaran, pengawasan yang dilaksanakan kepala sekolah belum optimal terutama terhadap guru pendidikan agama Islam, dalam pelaksanaan supervisi dilembaga pendidikan masih menemui berbagai kendala, strategi supervisi akademik yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan agama Islam di SD Negeri 1 Srati.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualiatif pada penyelenggaraan pendidikan di SD Negeri 1 Srati. Peneliti sebagai instrumen utama, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Seluruh data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Seluruh data analisis dengan model interaktif dengan alur, pencatatan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Srati. Pertama, perencanaan supervisi akademik kepala sekolah dirumuskan dengan model pendekatan kolaboratif disusun pada awal tahun. Jenis programnya meliputi Program tahunan, program semester yang disusun berdasarkan identifikasi, analisa dan evaluasi tahun sebelumnya. Kedua, Strategi supervisi akademik kepala sekolah yang ditempuh adalah; pendelegasian wakil kepala sekolah dan guru senior untuk melaksanakan supervisi, menggunakan teknik supervisi langsung dan tidak langsung meliputi supervisi guru terhadap kemampuan merencanakan, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar dengan membangun komunikasi yang aktif dengan guru, menggunakan pendekatan direktif maupun kolaboratif, tehnik individu dan kelompok. Ketiga, tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah yang ditempuh adalah membahas catatan, melakukan umpan balik kepada guru baik dalam catatan instrumen maupun pembinaan cara langsung maupun tidak langsung kepada guru dan pembinaan melalui rapat sekolah dan juga melakukan refleks.
Kata Kunci: Strategi Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2022 08:15
Last Modified: 16 Jan 2022 08:15
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item
View Item