MANAJEMEN ENTREPRENEURSHIP MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA 14 JINGKANG KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA

WASIRIN, NIM. 1910649 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2019) MANAJEMEN ENTREPRENEURSHIP MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA 14 JINGKANG KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
tesis BAB I-III.pdf - Published Version

Download (990kB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
wasirin bab 5 pdf.pdf - Published Version

Download (300kB)

Abstract

ABSTRAK

Wasirin, Manajemen Entrepreneurship Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Ma‟arif Nahdlatul Ulama 14 Jingkang Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga, Tesis, Program Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang Manajemen Entrepreneurship Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Ma‟arif Nahdlatul Ulama 14 Jingkang Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga. Permasalahan yang dibahas mengenai empat fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan entrepreneurship Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Ma‟arif Nahdlatul Ulama 14 Jingkang Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga.
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Perencanaan Entrepreneurship yaitu kepala madrasah bersama guru, karyawan dan pengurus yayasan melakukan rapat dan selanjutnya menghasilkan beberapa keputusan yang disepakati bersama. Setelah hasil rapat dimufakati, selanjutnya disusun laporan yang berisi program- program yang akan dijalankan, meliputi jenis program, tujuan; 2) Pengorganisasian Entrepreneurship melalui proses seleksi atau penyeleksian yang ketat berdasarkan prestasi dan kecakapan kerja menjadi prioritas penting dalam mendelegasikan wewenang terutama untuk posisi Koordinator (petugas yang membawahi bidang usaha tertentu). Dan ternyata prinsip ini sangat membantu manajemen dalam mempertahankan usaha yang dibangundi madrasah; 3) Pelaksanaan entrepreneurship di melalui briefing sebagai agenda atau kegiatan rutin sebelum pelaksanaan kerja dan setelah kerja berakhir merupakan salah satu hal yang diterapkan dalam pelaksanaan kewirausahaan. Selain itu pengontrolan juga dilakukan oleh pembina kewirausahaan baik itu terjun langsung ke lapangan ataupun melalui sms/telpon guna mengetahui apakah ada kendala yang terjadi lapangan atau tidak; dan 4) Pengawasan dan Evaluasi Entrepreneurship di Madrasah Tsanawiyah Ma‟arif Nahdlatul Ulama 14 Jingkang Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga dilakukan secara terstruktur pengawasan langsung ke lapangan dijadwalkan sebulan sekali, namun secara tidak terstruktur disesuaikan dengan kondisi, bisa harian bisa mingguan.

Kata kunci: manajemen, entrepreneurship, mutu pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: manajemen, entrepreneurship, mutu pendidikan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2022 07:59
Last Modified: 15 Jan 2022 07:59
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item
View Item