PENGARUH BAURAN PEMASARAN 4P TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PERGURUAN TINGGI ( Studi di STAI Al Husain Magelang )

FAIQ YUNIANTO, NIM : 1910564 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2021) PENGARUH BAURAN PEMASARAN 4P TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PERGURUAN TINGGI ( Studi di STAI Al Husain Magelang ). Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
PENGARUH BAURAN PEMASARAN 4P TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PERGURUAN TINGGI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
Faiq Yunianto bab 5 - pdf.pdf - Published Version

Download (502kB)

Abstract

ABSTRAK

Faiq Yunianto, NIM: 1910564. Pengaruh Bauran Pemasaran 4P Terhadap Keputusan Memilih Perguruan Tinggi (Studi di STAI Al Husain Magelang), Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2021.

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya semakin banyak berdiri perguruan tinggi dan program konsentrasi baru serta semakin ketetnya persaingan antara perguruan tinggi terutama di Magelang, sehingga dibutuhkan sebuah strategi yang jitu supaya mendapatkan jumlah mahasiswa yang banyak dan simpati di masyarakat secara optimal. Bauran pemasaran merupakan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan di pasar sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari variabel product, price, place dan promotion terhadap keputusan memilih perguruan tinggi di STAI Al Husain Megelang.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif diskriptif, karena data yang diperoleh kemudian dioleh secara statistik dengan menggunakan program SPSS 25. Data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kusioner dan wawancara. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah mahasiswa aktif berjumlah 105 anak. Pengambilan jumlah sample menggunakan Simple Random Sampling dan Proposive Sampling dengan rumus perhitungan sample menurut Taro Yamane atau Slovin. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu analisis SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel produk (X1), harga (X2), tempat (X3), dan promosi (X4) secara terpisah maupun secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terghadap variabel (Y).

Kata Kunci: bauran pemasaran, keputusan memilih, produk jasa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran, keputusan memilih, produk jasa
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2022 07:15
Last Modified: 15 Jan 2022 07:15
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item
View Item