KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK MA’ARIF BOBOTSARI PURBALINGGA

SUGENG RIADI, NIM 1910661 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2021) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK MA’ARIF BOBOTSARI PURBALINGGA. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
tesis PDF BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
UMI FAJAR MADANI bab 5 - pdf.pdf - Published Version

Download (499kB)

Abstract

ABSTRAK

SUGENG RIYADI: Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMK Ma’arif Bobotsari Purbalingga. Tesis Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2021.
Penelitian ini didasari oleh pentingnya kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Idealized Influence; Inspirational Motivation; Intellectual Stimulation; dan Individualized Consideration Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Ma’arif Bobotsari Purbalingga.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Idealized Influence Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Ma’arif Bobotsari Purbalingga ditunjukkan dengan perilaku yang respect, (menghasilkan rasa hormat) dan rasa percaya diri (trust), dan saling berbagi resiko melalui pertimbangan kebutuhan para staf di atas kebutuhan pribadi dan perilaku moral secara etis; (2) Inspirational Motivation Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Ma’arif Bobotsari Purbalingga tercermin dalam perilaku yang senantiasa menyediakan tantangan bagi pekerjaan yang dilakukan staf dan memerhatikan makna pekerjaan bagi staf, menunjukkan atau mendemonstrasikan komitmen terhadap sasaran organisasi melalui perilaku yang dapat diobservasi staf; (3) Intellectual Stimulation Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Ma’arif Bobotsari Purbalingga ditunjukkan dengan mempraktikkan inovasi-inovasi. Sikap dan perilaku kepemimpinannya didasarkan pada ilmu pengetahuan yang berkembang dan secara intelektual, kinerja yang produktif; (4) Individualized Consideration Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Ma’arif Bobotsari Purbalingga dilakukan dengan merefleksikan dirinya sebagai seorang yang penuh perhatian dalam mendengarkan dan menindaklanjuti keluhan, ide, harapan- harapan, dan segala masukan yang diberikan staf, mampu memberikan stimulus- stimulus kepada stakeholder dan inovasi baru kepada bawahan di saat terjadi kemandekan dalam pengembangan sekolah dengan cara melakukan evaluasi sharing and caring serta menggunakan model-model yang inovatif. Kepala SMK Ma’arif Bobotsari Purbalingga dapat bertindak sebagai pelatih dan penasihat bagi guru dan stafnya.
Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional; Kepala Sekolah; MutuPendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional; Kepala Sekolah; MutuPendidikan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:17
Last Modified: 12 Jan 2022 03:17
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item
View Item