PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD DI SDIT AL FURQAN AMBAL

UMI FAJAR MADANI MASITOH, NIM.1910635 and Dr. H. Imam Satibi, S.Ag., M.Pd.I, NIDN.2123027201 (2021) PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD DI SDIT AL FURQAN AMBAL. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
tesis PDF BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
UMI FAJAR MADANI bab 5 - pdf.pdf - Published Version

Download (499kB)

Abstract

ABSTRAK

Umi Fajar Madani Masitoh, NIM:1910635. Pengukuran Kinerja Manajemen Berbasis Sekolah Perspektif Balanced Scorecard di SDIT Al Furqan Ambal, Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2021

Sistem pendidikan yang ada sebelumnya dikelola dalam iklim birokratik. Saat ini diubah dengan sistem tata kelola yang lebih baik yaitu Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Sekolah yang menerapkan sistem ini diharapkan menjadi mandiri dan berupaya meningkatkan kinerjanya. Karenanya perlu dilakukan pengukuran untuk mengetahui seberapa baik kinerja yang ada, dan sebagai acuan menentukan perbaikan kedepannya.
Penelitian dilakukan di SDIT Al Furqan Ambal dengan pendekatan Balanced Scorecard(BSC). Metode yang digunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara terkait data yang membutuhkan penjelasan. Analisis data menggunakan uji statistik dan empat perspektif yang ada dalam balanced scorecard meliputi keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran.
Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja sekolah secara keseluruhan berada pada kategori baik. Kinerja keuangan memperoleh kinerja baik yaitu memenuhi syarat ekonomis, efektif, dan efisien dengan skor 11 (73,33%). Kinerja perspektif pelanggan memperoleh nilai baik dengan skor 8 (80%). Kinerja perspektif proses bisnis internal memperoleh kinerja baik dengan skor 42 (84%), dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran memperoleh kinerja baik pula dengan skor 8 (80%). Adapun untuk efektivitas MBS layanan tangible dan layanan reliable terhadap mutu pembelajaran dikatakan efektif yaitu sebesar 17,2%. Hal ini berarti jika layanan ditingkatkan maka akan menambah keefektifan mutu pembelajaran siswa di sekolah. Diharapkan SDIT Al Furqan Ambal terus meningkatkan kinerjanya yang semula baik menjadi sangat baik.

Kata Kunci: Pengukuran Kinerja MBS, Balanced Scorecard, SDIT Al Furqan, Layanan Pelanggan, Mutu

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kinerja MBS, Balanced Scorecard, SDIT Al Furqan, Layanan Pelanggan, Mutu
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:04
Last Modified: 12 Jan 2022 03:04
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item
View Item