PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI MA’ARIF KEMANGGUAN

Dian Apriyani, NIM.1712794. and Bahrun Ali Murtopo, M.Pd.I., NIDN.2116058201 (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI MA’ARIF KEMANGGUAN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PGMI Cover] Text (Skripsi PGMI Cover)
1 HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (735kB)
[thumbnail of Skripsi PGMI BAB I] Text (Skripsi PGMI BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB)
[thumbnail of Skripsi PGMI BAB II] Text (Skripsi PGMI BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (276kB)
[thumbnail of Skripsi PGMI BAB V] Text (Skripsi PGMI BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK
Dian Apriyani. 1712794. Problematika Pembelajaran Daring pada Mata
Pelajaran Matematika Kelas III di MI Ma’arif Kemangguan.
Pandemi Covid-19 mengubah tatanan kehidupan di berbagai bidang, salah
satunya bidang pendidikan. Kondisi ini menyebabkan Direktur Jenderal
Pendidikan Islam mengeluarkan Surat Edaran untuk melaksanakan pembelajaran
daring guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan satuan pendidikan.
Oleh karena itu, siswa diwajibkan dari rumah melalui pembelajaran daring.
Perubahan pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring menimbulkan
berbagai problematika yang terjadi, khususnya mata pelajaran matematika kelas
III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Problematika pembelajaran
daring pada mata pelajaran matematika kelas III di MI Ma’arif Kemangguan bagi
guru; (2) Problematika pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika kelas
III di MI Ma’arif Kemangguan bagi siswa; (3) Problematika pembelajaran daring
pada mata pelajaran matematika kelas III di MI Ma’arif Kemangguan bagi wali
siswa.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Desain
penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan
data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini didukung dengan
menggunakan teori problematika, pembelajaran daring, dan mata pelajaran
matematika di MI.
Penelitian yang dilaksanakan menghasilkan beberapa temuan, antara lain:
(1) Terdapat 7 (tujuh) siswa yang HP-nya digunakan bersama dengan saudara
yang lain, (2) Pengeluaran kuota internet mengalami peningkatan, dan; (3) Sinyal
di Desa Kemangguan sulit dijangkau selain Telkomsel.
Kata kunci: Problematika Pembelajaran Daring, Pembelajaran Daring, Kelas III,
Matematika MI, MI Ma’arif Kemangguan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran Daring, Pembelajaran Daring, Kelas III, Matematika MI, MI Ma’arif Kemangguan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2022 08:17
Last Modified: 05 Jan 2022 08:17
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item
View Item