Media Pembelajaran Aplikasi WhatsApp Pada Pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Candiwulan Kebumen”, Fakultas Tarbiyah, IAINU Kebumen 2021, Pembimbing: (1) Dr. Slamet Mujiono, S. Ag, M. Hum., (2) Febriyani, M. Kom.

RYAN LESTIANI, NIM.17116248 and Dr. Slamet Mujiono, S.Ag.,M.Hum, NIDN.2107076601 (2021) Media Pembelajaran Aplikasi WhatsApp Pada Pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Candiwulan Kebumen”, Fakultas Tarbiyah, IAINU Kebumen 2021, Pembimbing: (1) Dr. Slamet Mujiono, S. Ag, M. Hum., (2) Febriyani, M. Kom. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (665kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (104kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (250kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK
RYAN LESTIANI. 17116248: “Media Pembelajaran Aplikasi WhatsApp Pada
Pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Candiwulan Kebumen”, Fakultas
Tarbiyah, IAINU Kebumen 2021, Pembimbing: (1) Dr. Slamet Mujiono, S.
Ag, M. Hum., (2) Febriyani, M. Kom.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya pembelajaran dengan sistem online
yang dilakukan oleh guru dan murid karena mengingat belum tuntasnya wabah virus
covid-19 di Indonesia yang setiap hari terus meningkat serta membantu pencegahan
penyebaran virus covid-19 yang hingga saat ini masih belum ditentukan kapan
masuk sekolah untuk pembelajaran tatap muka. Dalam hal ini, murid diwajibkan
untuk belajar dirumah masing-masing yang dibimbing oleh orang tua. Guru juga
sebagai tenaga pendidik yang dituntut untuk ahli teknologi dalam menyampaikan
materi pembelajaran kepada peserta didiknya. Oleh sebab itu, di SD Negeri 2
Candiwulan Kebumen memanfaatkan media sosial aplikasi WhatsApp sebagai salah
satu media dalam mendukung proses pembelajaran dan tercapainya tujuan
pembelajaran yang di harapkan di masa pandemi covid-19.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran PAI
melalui aplikasi WhatsApp, pemahaman siswa pada pembelajaran PAI melalui
aplikasi WhatsApp dan efek psikologis online/daring pada pembelajaran berbasis
aplikasi WhatsApp.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang
diperoleh menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif.
Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Guru dan murid telah memanfaatkan
WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran
dalam jaringan daring/online dengan memanfaatkan fitur yang tersedia seperti fitur
foto, video, grup, pesan teks, dan emoji/sticker. (2) Dalam pelaksanaan pemanfaatan
WhatsApp sebagai media pembelajaran terdapat beberapa efek psikologis
diantaranya, siswa yang suka marah, putus asa, dan tidak mau belajar. (3) Solusi
yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi adalah seharusnya guru tidak
memberikan tugas yang berturut-turut kepada murid, memberikan pemahaman
kepada wali murid terkait tingkat pengetahuan pada anaknya, dan menjadi orang tua
yang menyenangkan saat mengajar anaknya dengan menggunakan metode belajar
sambil bermain yang kreatif dan inovatif agar anak mau untuk diajak belajar.
Dari hasil penelitian ini disarankan agar pendidik mampu membuat variasi
pembelajaran terutama dengan menggunakan fitur yang ada pada aplikasi WhatsApp,
menguasai dan menggunakan TIK dalam proses pembelajaran dalam jaringan
(daring).
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pembelajaran PAI, Media Online, Aplikas

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pembelajaran PAI, Media Online, Aplikasi WhatsApp.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2022 07:48
Last Modified: 05 Jan 2022 07:48
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item
View Item