STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MTS MA’ARIF PENGEMPON SRUWENG

Lala Maula Ristanti, NIM.1713086 and . Dr. Eliyanto, M.Pd dan Maryanto, M.Sc, NIDN.2108058801 (2021) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MTS MA’ARIF PENGEMPON SRUWENG. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi MPI Cover] Text (Skripsi MPI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi MPI BAB I] Text (Skripsi MPI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB)
[thumbnail of Skripsi BAB II] Text (Skripsi BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (415kB)
[thumbnail of Skripsi MPI BAB V] Text (Skripsi MPI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (202kB)

Abstract

ABSTRAK
Lala Maula Ristanti. 1713086. Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatan
Mutu Lulusan di MTs Ma’arif Pengempon Sruweng.
Peningkatan mutu pendidikan dilihat dari berbagai aspek, salah satunya
dari mutu lulusan. Lembaga pendidikan harus memberikan pelayanan terbaik
kepada peserta didik agar mampu menyerap pembelajaran dengan baik, potensi
yang dimiliki juga dapat berkembang secara tepat dan mampu melahirkan apa
yang dibutuhkan banyak pihak. Dalam rangka meningkatkan mutu lulusan, ada
beberapa strategi yang harus digunakan oleh kepala sekolah sebagai pemimpin.
Dalam hal ini, peneliti mengambil salah satu lembaga pendidikan Islam Ma’arif
yakni MTs Ma’arif Pengempon sebagai objek penelitian. Madrasah ini merupakan
tempat belajar peserta didik yang mana memiliki banyak peserta didik dengan
lulusan
Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah
bagaimana strategi yang digunakan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan
mutu lulusan di MTs Ma’arif Pengempon. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui strategi yang digunakan kepala madrasah MTs Ma’arif Pengempon
dalam meningkatkan mutu lulusan.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, yang menggambarkan
keadaan sebenarnya dalam strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu
lulusan di MTs Ma’arif Pengempon. Metode yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan kokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis strategi
yang digunakan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan adalah jenis
strategi intensif yang mana dilakukan dengan memfungsikan dan
mengambangkan sumber daya yang madrasah miliki dengan menggunakan
strategi yang telah ditetapkan. Tingkatan strateginya yaitu strategi fungsional yang
mana setiap bagian-bagian memiliki tanggungjawabnya tersendiri. Tiga tahapan
strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan
yaitu dengan tahapan formulasi atau perencanaan diantaranya pembuatan misi,
mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, dan penentuan strategi yang
digunakan. Tahapan kedua yaitu implementasi termasuk didalamnya adalah
membentuk koordinator dan penanggung jawab khususnya pada program ujian
madrasah, pelaksanaan kebijakan, dan penggunaan dan pemanfaatan sistem
informasi. Tahapan yang ketiga adalah evaluasi yaitu dengan membuat laporan
pertanggungjawaban, memunculkan evaluasi atau penilaian di setiap agenda rapat,
pengarsipan soal-soal ujian dan pendataan peserta didik melanjutkan. Strategi
yang dilakukan oleh kepala madrasah mampu meningkatkan kelulusan peserta
didik tidak hanya dalam angka atau nilai saja, namun juga dalam perilaku. Tingkat
peserta didik yang melanjutkan juga meningkat. Hal ini tergambar dari lulusan
tahun 2018 yang hanya 60 % melanjutkan dan di tahun 2021 sekitar 80% yang
melanjutkan.
Kata Kunci: Strategi, kepemimpinan, kepala madrasah dan mutu lulusan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, kepemimpinan, kepala madrasah dan mutu lulusan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:34
Last Modified: 05 Jan 2022 06:34
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item
View Item