SISTEM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ ANAK YANBU’UL QUR’AN TERSOBO KEBUMEN TAHUN 2019 / 2020

Fuad Hasan Fauzi, NIM.16115789 and Drs.H.M.Soleh,M.Pd.I, NIDN.2115035602 (2020) SISTEM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ ANAK YANBU’UL QUR’AN TERSOBO KEBUMEN TAHUN 2019 / 2020. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (688kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB II] Text (Skripsi PAI BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (312kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (202kB)

Abstract

ABSTRAK
Fuad Hasan Fauzi.16115789. Sistem Pembelajaran Di Pondok Pesantren
Tahfidz Anak Yanbu’ul Qur’an Tersobo Kecamatan Prembun Kabupaten
Kebumen Tahun pelajaran 2019/2020.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui sistem pembelajaran
yang digunakan di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Yanbu’ul Qur’an Tersobo
Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor
hambatan pembelajaran di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Yanbu’ul Qur’an
Tersobo Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen.
Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Tahfidz Anak Yanbu’ul
Qur’an Tersobo Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen Tahun pelajaran
2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Metode
yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Adapun yang menjadi responden adalah Ibu Nyai
Siti Amin Mahmudah selaku pengasuh pondok pesantren Tahfidz Anak Yanbu’ul
Qur’an, ustadz-ustadzah, serta santri, kemudian dianalisis melalui pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun yang menjadi
responden adalah Ibu Nyai Siti Amin Mahmudah selaku pengasuh pondok
pesantren Tahfidz Anak Yanbu’ul Qur’an, ustadz-ustadzah, serta santri, kemudian
dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi
data.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem
pembelajaran menggunakan 4 metode yaitu: 1)Metode Yanbu’a, 2)Metode Bin
nadhor, 3)Metode Tahfidz, 4)Metode Muraja’ah. Kegiatan mengaji kitab kuning
dilaksanakan pada hari minggu. Hambatan yang menjadi tantangan bagi pihak
pondok antara lain: 1) Daya tangkap santri yang berbeda, 2)Kurangnya kesadaran
santri, 3)Santri yang belum bisa mengatur waktu sebaik mungkin, 4)Munculnya
rasa pemalas dalam diri santri.
Kata Kunci : Sistem, Pembelajaran, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem, Pembelajaran, Pondok Pesantren.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:23
Last Modified: 05 Jan 2022 03:23
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item
View Item